Menpora Minta Polri Usut Tuntas Kekacauan Suporter Persija dan Persib

Konvoi Jakmania atas kemenangan Persija di Piala Menpora
Sumber :
  • VIVA / Willibodus (Jakarta)

VIVA – Menteri pemuda dan olahraga (Menpora), Zainudin Amali prihatin dengan aksi sejumlah oknum suporter Persija dan Persib yang bereaksi berlebihan usai laga final Piala Menpora 2021.

Apsumsi Gelar Turnamen Sepakbola Piala Menpora U-13, 16 Tim Bersaing Raih Juara

Piala Menpora sudah berakhir dan Persija Jakarta keluar sebagai juara setelah mengalahkan Persib Bandung 2-1 pada leg kedua final di Stadion Manahan, Solo, Minggu kemarin.

Hasil ini membuat klub berjulukan Macan Kemayoran unggul agregrat 4-1 usai menang 2-0 pada final leg pertama.

Turnamen Street Soccer Piala Menpora 2022 Tuntas, Ini Daftar Juaranya

Sayangnya, piala Menpora berakhir antiklimaks. Sejak awal turnamen hingga partai final tidak ada kerumunan. Semuanya hancur akibat ulahsejumlah oknum tak bertanggung jawab. 

Di Jakarta, oknum suporter Persija berkerumun di Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada Senin dini hari WIB, 26 April 2021 untuk merayakan kemenangan timnya.

Turnamen Street Soccer Digelar Lagi, Siap Perebutkan Piala Menpora

Di sisi lain, sejumlah oknum suporter Persib turun ke jalan dan melakukan aski perusakan sebagai bentuk kekecewaan usai timnya kalah. 

Graha Persib dan mobil sedan berpelat "B" (Jakarta) milik kakak dari kiper Persib, Muhammad Aqil Savik, menjadi sasaran kemarahan oknum bobotoh (penggemar Persib).

Menpora Zainudin Amali menyayangkan insiden ini. Dia menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas oknum suporter kedua tim.

"Kami prihatin terhadap kejadian ini. Bahkan kemarin saya masih koordinasi dengan koordinator suporter Persija dan beliau sudah bekerja maksimal meski dalam kondisi sakit. Tapi ini sudah euforia masa yang muncul jadi cukup sulit dibendung," kata Amali.

"Sekali lagi saya prihatin. Saya minta kita semua untuk mencari apa penyebab ini. Dan, yang paling berwenang dalam insiden ini adalah kepolisian walaupun mekeka sudah bekerja luar biasa, tapi tetap ada kerumuman," jelasnya,

Sementara Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya atau Polda Metro Jaya saat ini sudah mengamankan sedikitnya 65 orang pendukung klub Persija atau The Jakmania yang berkonvoi di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

“Dari hasil tadi malam atau subuh tadi ada 65 orang kita amankan yang kemudian kita cek,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus kepada wartawan Senin, 26 April 2021.

Yusri merinci dari ke enam puluh lima orang ini terdiri dari 52 orang dewasa, 12 orang anak anak dan 1 perempuan dewasa. 

“Jadi total 65 yang kita amankan di PMJ untuk diambil keterangannya. Arahnya kepada apakah ada yang memerintahkan untuk berkumpul atau ajakan berkumpul di Bundaran HI,” imbuhnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya