Stadion JIS Kandang Persija atau Timnas Indonesia? Begini Kata PSSI

Manajemen Persija dan Gubernur DKI, Anies Baswedan tinjau Stadion JIS
Sumber :
  • Media Persija

VIVA – Status Jakarta International Stadium (JIS) kini menjadi pertanyaan netizen di media sosial seiring adanya kerja sama PSSI dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Kerja sama itu menghasilkan bahwa Timnas Indonesia akan bermarkas di stadion yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara itu. Nantinya Timnas Indonesia bukan cuma menggunakan lapangan utama, tapi juga fasilitas latihan dan komersial lainnya.

"Kami diizinkan mengklaim bahwa Timnas punya homebase sekelas JIS. Saya sudah lihat gambarnya, saya lihat satu-satunya yang sangat standar internasional," kata Yunus Nusi, Sekjen PSSI, Selasa 17 Agustus 2021.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Menyusul kesepakatan itu, netizen yang mayoritas Jakmania bertanya-tanya. Sebabnya, sejak awal stadion berkapasitas 82 ribu tempat duduk itu diproyeksikan sebagai kandang Persija Jakarta.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Menanggapi hal ini, Head of Dept Suporter Development and Fan Engagement PSSI, Budiman Dalimunthe, memberikan penjelasan. 

Dia mengatakan, JIS yang dikelola Jakpro diutamakan untuk sepakbola dan entitas bisnis. Oleh karena itu baik Persija Jakarta maupun Timnas Indonesia bisa menggunakan JIS.

"Hanya saja, yang saat ini sudah secara resmi bekerjasama ya PSSI / Timnas (dan Persija). Tentunya dengan term & condition yang diterapkan, B2B (Business To Business). Entitas lainnya mungkin menyusul," kata Budiman kepada VIVA, Rabu 18 Agustus 2021.

Budiman kemudian mengatakan, kecil kemungkinan jadwal penggunaan JIS oleh Persija dan Timnas Indonesia akan bentrok. Pasalnya, Timnas Indonesia berlaga sesuai dengan agenda FIFA, yang otomatis tidak ada pertandingan klub.

Jika pun nantinya jarak pertandingan antara Timnas dan Persija berdekatan, akan digunakan stadion alternatif seperti stadion-stadion yang letaknya di sekitar Ibu Kota.

Di antaranya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Patriot Candrabagha (Bekasi), Stadion Pakansari (Bogor), dan lainnya.

"Ada 365 hari, 52 Minggu, dan 12 Bulan dalam setahun. Berapa kali Persija dan Timnas bisa menggunakan JIS dalam setahun?Jika Timnas senior bertanding, kan sesuai agenda FIFA. Baik official match maupun unofficial, dan pemain klub dipanggil ke Pelatnas," ucapnya.

“Ya biasanya jadwalnya memang berbeda. Biaya sewa JIS, sepertinya lebih mahal daripada SUGBK. Tentunya, Timnas maupun klub akan membuat kalkulasi yang cermat, setiap akan menggunakan JIS," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya