Pil Pahit Timnas Indonesia, Elkan Baggott Dipastikan Absen Vs Vietnam

Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott.
Sumber :
  • instagram.com/elkanbaggott/

VIVA – Pil pahit harus dirasakan Timnas Indonesia jelang duel kontra Timnas Vietnam pada lanjutan Grup B Piala AFF 2020, Rabu 15 Desember 2021. Bek andalannya, Elkan Baggott, hampir dipastikan absen lantaran harus menjalani karantina mandiri.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Singapura, Ratna Lestari. Elkan wajib mematuhi aturan pemerintah Singapura untuk menjalani karantina mandiri selama lima hari.

Itu disebabkan pemain Ipswich Town tersebut berada satu pesawat dengan penumpang yang positif COVID-19 saat perjalanan dari London ke Singapura pada 7 Desember lalu.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

"Elkan diperintahkan karantina selama lima hari mulai 13 Desember 2021, di hotel. Kondisinya terus dimonitor dan sampai saat ini Elkan menunjukkan dia negatif COVID-19. Namun, dia harus tetap menjalani karantina," kata Ratna ketika dihubungi wartawan.

Elkan Baggott saat menjalani latihan di Timnas Indonesia

Photo :
  • PSSI
Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Kondisi ini sejatinya sempat diprotes oleh PSSI. Sebab, pengumuman ini baru diberitahu setelah lima hari setelah Elkan tiba di Singapura. Padahal, dia sebelumnya sudah tampil menghadapi Laos (12/12).

KBRI melalui Ratna menjelaskan jika pemerintah Singapura harus melakukan serangkaian tes untuk memastikan kondisi penumpang yang diduga mengidap COVID-19 varian baru Omicron. Setelah penumpang itu dinyatakan positif, pemain 19 tahun baru diminta melakukan karantina mandiri karena berada satu pesawat.

Kendati demikian, Ratna menegaskan bahwa KBRI dan panitia Piala AFF 2020 terus memantau kondisi Elkan juga seluruh penggawa Timnas Indonesia.

Mereka rutin mengecek kondisi para peserta Piala AFF, salah satunya Indonesia, dengan melakukan swab test setiap hari.

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Laos

Photo :
  • PSSI

"Hingga kini, hanya Elkan yang harus dikarantina. Durasi karantina tak bisa diubah karena itu ketetapan pemerintah Singapura," tutur Ratna.

"Sejauh ini dia aman, tidak ada masalah. Tapi, selama karantina akan terus dimonitor karena kan virus yang baru ini yang memang dikhawatirkan ole pemerintah Singapura karena virus baru ini yang belum bisa terdeteksi dengan cepat," jelasnya.

Situasi ini membuat Elkan hampir dipastikan tak bisa tampil membela skuad Garuda saat menghadapi Vietnam di Stadion Bishan, Singapura. Pelatih Shin Tae-yong pun harus memutar otak untuk mengisi pos jantung pertahanan Tim Merah Putih untuk menutupi lubang yang ditinggalkan Elkan Baggott.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya