Tekuk Eks Juara Dunia, Timnas Indonesia U-19 Pede Libas Meksiko

Pemain Timnas Indonesia U-19 rayakan gol.
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Kejutan diciptakan Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2020. Garuda Nusantara menekuk Timnas Ghana U-20 1-0, Kamis 2 Juni 2022.

Ernando Ari Bersyukur dengan Pencapaian Timnas Indonesia U-23 tapi Belum Puas

Satu-satunya gol Timnas U-19 dalam duel di Ghana di Stade Jules-Ladoumegue, Vitrolles disumbangkan Raka Cahyana di menit ke-58. Skor 1-0 tak berubah hingga laga usai.

Ghana U-20 juga bukan lawan yang sembarangan. Mereka pernah menjuarai Piala Dunia U-20 pada 2009 dan menjadi runner up di ajang yang sama pada 1993 dan 2001. Ghana juga merebut posisi ketiga Piala Dunia U-20 2013.

Kondisi Terbaru Witan Sulaeman Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Di satu sisi, ini juga menjadi kemenangan bersejarah. Ini merupakan kemenangan perdana Indonesia di Toulon Cup. Dalam partisipasi sebelumnya pada 2017, Garuda Muda selalu kalah dalam tiga pertandingan.

Cerezo Osaka Vs Vissel Kobe, Justin Hubner Jadi Starter Bareng Eks Gelandang Man Utd

"Ini merupakan pertandingan sulit karena lawan kuat dan juga membutuhkan kemenangan. Kami melakukan tugas dengan baik. Kami sangat puas. ini pengalaman pertama untuk anak-anak ini luar biasa. Kami bisa mencetak gol di babak kedua, inilah yang kami inginkan," kata asisten pelatih Indonesia U-19, Dzenan Radoncic dilansir situs resmi Toulon Cup.

Dzenan yang menggantikan posisi Shin Tae-yong percaya diri bisa membawa Indonesia lolos ke semifinal. Di laga terakhir penyisihan Grup, Indonesia akan bersua Meksiko, Minggu 5 Juni 2022.

Yakin Libas Meksiko

Ada yang unik dalam Toulon Cup ini. Jika duel imbang dalam 90 menit, laga akan dilanjutkan dengan adu penalti. Indonesia juga bisa lolos jika menang lewat adu penalti.

Tiga juara grup akan lolos ke semifinal. Satu lagi tiket diraih oleh runner up grup terbaik.

Andaipun gagal ke semifinal, Indonesia masih akan bertanding. Di Toulon Cup ini ada perebutan posisi ke-11, 9, 7 dan 5. Semuanya dilihat dari hasil di penyisihan grup.

Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Ghana U-20

Photo :
  • pssi.org

"Kami ingin memetik kemenangan melawan Meksiko. Kami sangat percaya diri. jika kami bisa menekuk ghana, kita bisa mengalahkan siapapun. Kami akan berjuang untuk semifinal," tegas Dzenan.

Dalam laga lainnya, Venezuela sukses menekuk Meksiko 2-1. Ini membuat Venezuela memimpin klasemen dengan catatan enam poin.

Indonesia ada di posisi ketiga dengan tiga poin. Garuda Muda kalah selisih gol dari Meksiko yang mengumpulkan poin sama.

Di posisi juru kunci ada Ghana. Ghana sudah pasti tersingkir karena belum mengumpulkan poin.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya