Resmi, Piala Presiden 2022 Hadirkan Penonton 75 Persen

Konferensi pers Menpora bersama PSSI
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Kabar gembira muncul dari Piala Presiden 2022. Sebab, turnamen pramusim itu resmi menghadirkan penonton sebanyak 75 persen dari kapasitas stadion.

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Hal itu diputuskan dalam rapat yang baru saja dipimpin oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali bersama dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan jajaran, perwakilan BNPB, Kementerian Kesehatan, dan Kepolisian Republik Indonesia. Rapat digelar di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa 7 Juni 2022.

Dalam pertemuan tersebut, akhirnya disepakati bahwa penonton yang bakal dihadirkan sebanyak 75 persen dari kapasitas stadion.

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

"Rapat ini memutuskan kehadiran penonton di stadion. Diputuskan dari hasil rapat, penonton yang bisa hadir sebanyak 75 persen dari kapasitas. Nanti, tiket akan dijual online," ujar Iriawan dalam konferensi pers di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa 7 Juni 2022.

Lebih lanjut, Iriawan menegaskan jika nantinya penonton yang hadir diwajibkan vaksinasi dosis lengkap dan harus dilaporkan saat pembelian tiket online. Nanti, datanya akan terintegrasi di aplikasi PeduliLindungi.

Jawaban PSSI soal Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23 di 8 Besar Piala Asia

Sementara itu, BNPB dan Kemenkes masih mengimbau agar para penonton yang hadir masih mengenakan masker.

Di sisi lain, Menpora berharap Piala Presiden 2022 bisa mengikuti kesuksesan Piala Menpora 2021 lalu. Pasalnya, dua turnamen pramusim ini sama-sama berjalan di tengah pandemi.

"PSSI dan LIB sudah bagus menjalankan Piala Menpora, Liga 1 sampai Liga 3 dan Alhamdulillah atas kedisiplinan berbagai pihak berbagai bantuan dari banyak pihak, semua terlaksana dengan baik dan yang awalnya dikhawatirkan jadi cluster COVID-19 ternyata tak terjadi," kata Amali.

"Sekarang, kita mulai mencoba dengan penonton dan disesuaikan dengan level PPKM. Mudah-mudahan ini akan sukses dan sekaligus menjadi ajang menyambut bergulirnya kompetisi musim depan," jelasnya.

Piala Presiden 2022 sendiri bergulir mulai 11 Juni sampai 17 Juli 2022. Turnamen dibagi ke empat kota selama fase grup, yakni di Bandung, Solo, Malang, dan Samarinda.

Pembukaan rencananya bakal digelar di Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya