Jawaban PSSI soal Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23 di 8 Besar Piala Asia

Nathan Tjoe-A-On
Sumber :
  • Nathan Tjoe-A-On / instagram

VIVA – Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 usai mengalahkan Yordania pada laga ketiga Grup A. Bertanding di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu 21 April 2024, Indonesia menang dengan skor 4-1.

Pemkot Gelar Nobar Laga Indonesia vs Irak di Depan Balai Kota Solo, Gibran Ikut?

Kemenangan ini membuat Indonesia berstatus sebagai runner up grup A akan melawan juara grup B antara Jepang atau Korea Selatan. Kedua tim ini akan berduel pada Senin (22/4) untuk memperebutkan status juara grup B. 

Namun, jelang tampil di babak 8 besar, Timnas Indonesia U-23 mendapatkan kabar buruk. Salah satu pemain andalan, Nathan Tjoe-A-On meninggalkan tim dan terancam tidak bisa berlaga.

Jerome Polin Kini Dukung Irak, Tanda-tanda Timnas Indonesia U-23 Menang?

Nathan Tjoe-A-On harus kembali ke Belanda untuk bergabung dengan klubnya, SC Heerenven lantaran dia hanya mendapatkan izin satu pekan gabung skuad Garuda.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, sejak awal lobi-lobi yang dilakukan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dengan klub Nathan berlangsung alot. 

5 Pemain Irak U-23 yang Mesti Diwaspadai Indonesia U-23

Bahkan, Heerenven ogah melepas pemainnya karena bukan agenda FIFA. "Memang awalnya PSSI melobi klub Nathan, dari hasil lobi itu memang awalnya berat betul mereka melepas Nathan dan Pak Ketua minta langsung minimal bisa lolos 8 besar di Grup karena target awal di sana," kata Arya.


"Jadi pak ketua berusaha betul Nathan ini bisa main. Makanya kemarin pak ketum melobi ke klub Nathan agar bisa melepas". 

"Awalnya mereka tidak mau melepas karena bukan agenda FIFA, tapi akhirnya mereka lepas ketika kita minta sampai 8 besar. Dan sekarangh sudah lolos grup dan memang itu yang kemarin kita lobi kesana, dan usaha yang kita buat," sambutnya.

Ditanya perihal kemungkinan PSSI kembali melobi Heerenven agar dapat melepas Nathan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23, Arya hanya menjawab singkat. "Terima kasih-lah sama klubnya sudah memberi izin," ucap Arya.

Meskipun berperan sebagai fullback kanan, Nathan sering digunakan Shin Tae-yong sebagai gelandang bertahan dalam formasi 3-4-3, terutama saat Ivar Jenner absen dalam pertandingan melawan Australia. 

Penampilan Nathan pun mampu membuat Timnas Indonesia sulit ditembus lawan. Kini, pekerjaan besar bagi Shin Tae-yong untuk menyiasati posisi kosong yang ditinggal Nathan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya