Kisah Timnas Indonesia Tolak Israel dan Korbankan Piala Dunia

Timnas Israel lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia.
Timnas Israel lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia.
Sumber :
  • instagram.com/israel_football_association

VIVA Bola – Timnas Israel mencatat sejarah dengan lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia. Ini menjadi debut Israel di Piala Dunia U-20.

Kelolosan Israel menimbulkan pro dan kontra di Tanah Air. Terkait hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan kedatangan kontingen Israel akan dijamin keamanannya. Karena itu adalah tugas Indonesia sebagai tuan rumah.

Bicara sejarah, Timnas Indonesia ternyata pernah menolak menjadi lawan Israel. Bahkan keputusan ini membuat Skuad Garuda membuang peluang lolos ke Piala Dunia 1958.

Kala itu, Indonesia sukses melewati adangan China di babak kualifikasi Piala Dunia zona Asia-Afrika putaran pertama. Indonesia sukses menekuk China 2-0 di Stadion Ikada, 12 Mei 1957, lalu takluk 3-4 dari China pada Xiannongtan Stadium, Beijing.

Timnas Israel di EURO U-19 2022 melawan Inggris

Timnas Israel di EURO U-19 2022 melawan Inggris

Photo :
  • football.org.il

Karena sama-sama menang sekali, China dan Indonesia bertemu dalam laga playoff di tempat netral. Skuad Garuda menahan China 0-0 di Aung San Stadium, Rangoon, Burma, pada 23 Juni 1957. Indonesia lolos karena unggul selisih gol atas China, dan dijadwalkan bertemu Israel di putaran kedua.

Ramai-ramai Tolak Israel