Piala Presiden 2022: PSIS Lolos ke Semifinal Usai Kalahkan Bhayangkara

Pemain PSIS Semarang merayakan gol
Sumber :
  • antv/tvOne (Teguh Joko Sutrisno)

VIVA Bola - PSIS Semarang menjamu Bhayangkara FC dalam pertandingan perempatfinal Piala Presiden 2022, di Stadion Jatidiri, Semarang, pada Minggu 3 Juli 2022. Laga tersebut berhasil dimenangkan PSIS melalui drama adu penalti.

Baru Tiba di Paris, Alfeandra Dewangga Geber Persiapan Jinakkan Guinea

Selepas kick off, kedua tim bermain dengan tempo tinggi. PSIS mengandalkan skema umpan-umpan panjang, sedangkan Bhayangkara coba menerapkan strategi serangan balik cepat.

Pertandingan memasuki menit ke-15, Bhayangkara mengancam gawang PSIS. Namun, sepakan Andik Vermansah dari dalam kotak penalti PSIS masih bisa diblok oleh Frendi Saputra.

Timnas Indonesia U-23 Dapat Amunisi Tambahan untuk Lawan Guinea

Tiga menit kemudian, Bhayangkara kembali mendapatkan peluang. Akan tetapi, sepakan jarak jauh yang dilepaskan Wahyu Subo Seto masih mengarah ke pelukan Yofandani Pranata.

PSIS baru memperoleh peluang emas pada menit 20. Tembakan kaki kiri Carlos Fortes masih melebar jauh dari sasaran.

Pengalaman Langka Maman Abdurrahman Main Bareng Sang Putra di Persija Jakarta

Memasuki masa injury time, PSIS akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Wawan Febrianto sukses menceploskan bola ke gawang Bhayangkara dengan kaki kanannya usai memaksimalkan umpan Carlos Fortes.

Setelah gol tersebut, wasit tak lama kemudian meniup peluit panjang tanda turun minum. PSIS sanggup mengungguli Bhayangkara dengan skor 1-0.

Usai jeda, Bhayangkara bermain lebih agresif dalam membangun serangan. Sementara itu, PSIS tetap tampil dengan skema umpan menyilang.

Pada menit 56, The Guardian nyaris menyamakan kedudukan. Sayangnya, tembakan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Muhammad Hargianto masih melayang tipis di atas mistar gawang PSIS.

Upaya Bhayangkara untuk membuat skor menjadi seri akhirnya terwujud juga saat laga memasuki menit 58. Youssef Ezzejjari berhasil menyarangkan bola ke gawang PSIS lewat sontekannya setelah memaksimalkan tangkapan tidak sempurna dari Yofandani Pranata.

Kebobolan dengan gol konyol, PSIS langsung tancap gas dalam melancarkan serangan. Bahkan, pada menit 66, Fredyan Wahyu hampir membuat Mahesa Jenar kembali unggul, tapi tendangan setengah volinya masih membentur mistar gawang.

Di masa injury, PSIS nyaris mengunci kemenangan. Namun, sontekan kaki kiri yang dilakukan Taisei Marukawa masih bisa diamankan oleh Awan Setho.

Dalam waktu yang tersisa, kedua tim masih saling berbalas serangan. Akan tetapi, hingga laga selesai, skor 1-1 tidak berubah sehingga pemenang harus ditentukan melalui babak adu penalti.

Di babak tos-tosan, PSIS berhasil memasukkan 9 gol dari 10 penendang. Sedangkan, Bhayangkara hanya mampu mencetak 8 gol dari 10 penendang. Alhasil, PSIS menyegel tiket semifinal Piala Presiden 2022 usai menang 9-8 dalam babak adu penalti.

Pada semifinal nanti, PSIS akan berjumpa Arema FC. Laga semifinal akan digelar dengan format kandang-tandang, pada 7 dan 11 Juli 2022. PSIS akan menjadi tuan rumah di leg pertama sebelum bertandang ke markas Arema FC.

Susunan pemain

PSIS Semarang: Yofandani Pranata (PG); Fredyan Wahyu, Wahyu Prasetyo, Alie Sesay, Frendi Saputra, Alfeandra Dewangga, Eka Febri, Jonathan Cantillana, Taisei Marukawa, Wawan Febrianto, Carlos Fortes.

Bhayangkara FC: Awan Setho (PG); Putu Gede, Indra Kahfi, Anderson Salles, Ruben Sanadi, Wahyu Subo Seto, Muhammad Hargianto, Finky Pasamba, Andik Vermansah, Youness Mokhtar, Youssef Ezzejjari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya