Ketika Timnas Indonesia Jadi Korban Diego Maradona di Piala Dunia U-20

Diego Maradona
Sumber :
  • Netherland news Live

VIVA Bola – Timnas Indonesia mendapat kesempatan langka tampil di Piala Dunia U-20. Sebagai tuan rumah, Garuda Muda lolos langsung ke Piala Dunia U-20 yang digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Fakta Mengerikan Uzbekistan Usai Tumbangkan Timnas Indonesia  U-23

Indonesia harus menunggu 44 tahun untuk kembali tampil di Piala Dunia U-20. Satu-satunya kesempatan Indonesia tampil di ajang ini pada 1979 di Jepang. Kala itu, Indonesia tergabung di Grup B bersama Argentina, Polandia, dan Yugoslavia.

Di pertandingan pertama, Indonesia langsung bertemu Argentina di Omiya Stadium, 26 Agustus 1979. Hasilnya, bisa ditebak. Indonesia dibuat jadi ayam sayur oleh Argentina yang diperkuat Diego Maradona.

Cek Fakta: Pertandingan Timnas Indonesia vs Uzbekistan Diulang karena Wasit Curang

Maradona mencetak dua gol ke gawang Indonesia di menit 19 dan 39. Tiga gol Argentina lainnya lahir lewat lesakkan hattrick Ramon Diaz di menit 10, 23, dan 25. Indonesia pun kalah telak 0-5.

Diego Maradona saat memperkuat Napoli.

Photo :
  • instagram.com/officialsscnapoli
2 Pengakuan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Dilibas Uzbekistan

Dilansir situs resmi FIFA, Indonesia berhasil tampil di Piala Dunia U-20 tahun 1979 yang berlangsung di Jepang. Garuda Muda lolos setelah menembus perempatfinal di Piala Asia U-19 pada 1978. Irak yang seharusnya lolos ke Piala Dunia mengundurkan diri dan digantikan Indonesia.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 sama sekali tak berdaya di Piala Dunia. Garuda Muda yang tergabung di Grup B bersama Argentina, Polandia, dan Yugoslavia menempati juru kunci grup, usai kalah dalam tiga pertandingan. Indonesia yang diperkuat Subangkit, Bambang Nurdiansyah, dan Mundari Karya kebobolan 16 kali tanpa mencetak satu pun gol.

Kini, saat berstatus tuan rumah tentunya Indonesia berharap prestasi yang lebih baik. Sudah 10 negara memastikan tiket ke Piala Dunia U-20 2023.

Selain Indonesia, ada Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Republik Dominika, Honduras, Guatemala dan Amerika Serikat. Dari total 24 tim, tinggal 14 tiket lagi tersisa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya