Euforia Timnas U-20 Lolos Piala Asia 2023, STY Lompat-lompat

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Sumber :
  • AP Photo/Suhaimi Abdullah

VIVA Bola – Skuad Timnas Indonesia U-20 meluapkan rasa bahagia usai dinyatakan lolos ke Piala Asia U-20 2023. Termasuk Shin Tae-yong yang kegirangan.

Timnas Indonesia Gilas Yordania, Coach Justin Puji STY: Sekarang Gak Long Ball Lagi

Ya, Timnas Indonesia U-20 membuktikan mampu bersaing di level asia usai menunjukkan mental tak kenal menyerah saat menghadapi Vietnam di laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia 2023

Duel yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Minggu 18 September 2022 berjalan sengit. Timnas U-20 mengambil inisiatif serangan lebih dulu dengan menekan dari berbagai sisi. 

Penampilan Timnas Indonesia Moncer di Tangan STY, Coach Justin Semprot Bung Towel: Gak Ngerti Bola!

Pemain Timnas Indonesia U-20 merayakan gol

Photo :
  • PSSI

Usaha itu baru berbuah hasil di babak kedua menit ke-60 melalui pemain pengganti Marselino Ferdinan. Sayang setelah itu konsentrasi Muhammad Ferrari turun, Vietnam berbalik unggul lewat dua gol masing-masing di menit ke-66 dan 79. 

Ini Bintang Timnas Indonesia Usai Bantai Yordania di Piala Asia U-23

Beruntung Timnas U-20 kembali ke bentuk permainan terbaik. Dua gol dilesakkan oleh Ferrari menit ke-82 dan Rabbani Tasnim menit ke-85 sehingga membuat skor menjadi 3-2 hingga laga berakhir. 

Dengan kemenangan ini Indonesia dipastikan melangkah ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan dengan status juara grup. 

Usai pertandingan skuad Garuda Muda meluapkan kegembiraan di ruang ganti pemain, termasuk sang pelatih Shin Tae-yong. Tampak dari unggahan media sosial instagram resmi PSSI.

Lewat video, Marcelino Ferdinan memimpin pesta kecil tersebut. Dia mengucapkan ale-ale kemudian diperlihatkan banyak pemain yang mengucapkan hal serupa. STY tertangkap kamera juga ikut larut dia melompat kegirangan. 

Lebih lanjut, Timnas Indonesia U-20 jadi satu-satunya tim dari Asia Tenggara dari 14 tim yang lolos sebagai juara grup dengan menyapu bersih 3 kemenangan. Satu tim lain yang lolos adalah Vietnam namun sebagai Runner up terbaik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya