Bukan Mustahil, Fakta Ini Bikin Timnas Indonesia Vs Argentina Bisa Terjadi

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi
Sumber :
  • AP Photo/Hassan Ammar

VIVA Bola – Rumor Timnas Indonesia bakal menghadapi Argentina pada FIFA Matchday Juni 2023 semakin santer. Itu setelah sahabat Lionel Messi yang juga jurnalis Argentina Gaston Edul mongkonfirmasi hal tersebut.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Pertama kali rumor Indonesia bakal menjalani laga uji coba kontra tim juara Piala Dunia 2022 itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali pada Maret 2023 lalu.

Amali menyampaikan kemungkinan menghadapi Argentina itu didapat setelah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir setelah mengikuti Kongres FIFA di Rwanda.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Pada FIFA Matchday periode Juni, tim yang sudah pasti akan dihadapi oleh skuad Garuda adalah timnas Palestina.

Timnas Indonesia vs Burundi, pemain rayakan gol Jordi Amat

Photo :
  • Twitter: PSSI
Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

"Beliau (Erick) sudah mengundang, mungkin di FIFA match day bulan Juni itu ada tim Palestina akan main di kita (Indonesia)," ujar Amali.

"Dan yang sedang diusahakan adalah Argentina itu mudah-mudahan," lanjut mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu di GBK Arena, Jakarta.

Sementara itu, Gaston Edul menyatakan bahwa Indonesia adalah negara kedua di Asia yang akan dihadapi Argentina pada FIFA Matchday Juni 2023.

"Timnas Argentina akan memainkan dua pertandingan di Asia. Dua pertandingan itu akan digelar di FIFA Matchday Juni," tulis Gaston Edul.

"Dua destinasi yang dituju: China dan Indonesia. Satu pertandingan di setiap negara. Argentina vs China, Argentina vs Indonesia," kata Edul.

Jika duel ini benar-benar terjadi, tentu akan menjadi sebuah keistimewaan untuk skuad Garuda. Pasalnya, Argentina saat ini adalah tim terkuat di bumi.

Lionel Messi dan kolega baru saja menjadi juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan sang juara bertahan, Prancis di partai final.

Seiring dengan itu, Argentina juga naik peringkat di rangking FIFA. Per April, Tim Tango ada di peringkat pertama, melengserkan Brasil yang turun ke peringkat ketiga.

Pemain Timnas Argentina rayakan gol Lionel Messi

Photo :
  • AP Photo/Nicolas Aguilera

Bagai langit dan bumi. Posisi Indonesia jauh di bawa Argentina yakni 149. Namun, ada satu fakta yang membuat duel Timnas Indonesia vs Argentina bukan mustahil terjadi.

Jika melihat FIFA Matchday terkahir Argentina adalah melawan Curacao pada Maret 2023 lalu. Saat itu, Argentina menang dengan skor besar 7-0.

Nah, sebelum dihancurkan oleh Argentina, Curacao adalah lawan Indonesia di FIFA Matchday September 2022 lalu.

Ketika itu, Indonesia berhasil mengalahkan Curacao dua kali yakni dengan skor 2-1 dan 3-2. Menariknya adalah, pasukan Shin Tae-yong meraih kemenangan itu meski memiliki rangking di bawah Curacao (88).

Oleh karena itu, bukan hal mustahil jika Argentina ingin mencoba melawan Indonesia. Pasalnya, Indonesia meraih dua kemenangan beruntun melawan tim terakhir yang mereka bantai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya