PT LIB Buka Suara soal Jadwal Persija Vs PSM Makassar Diundur

Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra
Sumber :
  • PSSI Pers

VIVA Bola – PT Liga Indonesia Baru (LIB) buka suara terkait penjadwalan ulang Persija Jakarta Vs PSM Makassar.

ACC 2024/25: Ini Klub-klub yang Jadi Lawan PSM Makassar dan Borneo FC Berikut Jadwalnya

Direktur Operasional PT LIB Asep Saputra mengatakan, pihaknya berharap agar hal itu tidak terulang lagi


"Sejujurnya suporter kecewa, kami juga tentu kecewa. Posisi kami adalah, kami ke belakang dulu, kami berpikir keras mencari solusi yang tentu berkejaran dengan masalah," kata Asep saat memberikan keterangan seusai laga Bali United Vs PSS.

Sesuai Rencana, VAR Diterapkan di Championship Series Liga 1 2023/24

"Tahun ini ada beberapa yang kami lakukan, termasuk berkomunikasi dengan berbagai pihak seperti pemerintahan dan kepolisian," ujarnya menambahkan.


Ya, Liga 1 2023/2024 sudah dimulai dengan laga pembuka antara Bali United Vs PSS Sleman di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu 1 Juli 2023. Laga ini berjalan lancar tak kendala berarti.

Turnamen Internasional: Persija dan PSIS Hadapi 2 Klub Liga Malayisa di JIS

Tapi, ada kendala dalam jadwal lain yakni dalam pertandingan Persija Vs PSM. Laga tersebut sedianya menjadi partai pembuka Liga 1 musim ini, Sabtu (1/7).

Tapi laga tersebut batal terlaksana sesuai rencana dan digeser ke Minggu (2/7). Lalu laga ini kembali digeser ke Senin (3/7).

Asep menyebut situasi ini memang tak terhindarkan. Padahal, sebelumnya mereka sudah berkomunikasi dengan Kepolisian untuk perizinan. Bahkan, Polri berjanji tidak akan mempersulit perizinan selama satu musim penuh.

Pemberian jaminan itu dengan syarat  pelarangan kedatangan suporter away dalam laga Liga 1. 

Selain itu ada juga aturan pembatasan penonton sebesar maksimal 50 persen dari kapasitas stadion saat masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang.

"Ketika kami bisa menyampaikan jadwal lebih awal, kita bisa duduk bareng dengan polisi, kami bisa memastikan jadwal dan polisi bisa menjamin izin jadwal sampai akhir musim. PSSI melalui ketua umum (Erick Thohir) menyampaikan bahwa agenda kompetisi bisa berjalan paralel dengan agenda lainnya," tutur Asep Saputra.

"Kalau bicara yang awal, ada situasi yang tidak terhindarkan. Kalau ke depannya seperti apa? Ada dinamika, faktanya memang terjadi. Tetapi setidaknya sudah kami upayakan dan ke depannya akan dijaga mudah-mudahan tidak terjadi lagi seperti yang dialami Persija. Harapannya tidak terulang," harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya