Kabar Baik, Penerapan VAR Liga 1 Semakin Nyata

Ilustrasi Teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Piala Dunia 2018
Sumber :

VIVA Bola – Sepertinya penerapan Video Asisten Wasit (VAR) di Liga 1 semakin mendekati kenyataan. Pasalnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi segera menggelar sesi pelatihan pada 4 Juli 2023.

Dalam Kekuatan Terbaik, Persib Bandung Pede Jungkalkan Bali United

Direktur Operasional LIB, Asep Saputra menjelaskan sesi pertama implementasi VAR di Liga 1 2023/2024 telah selesai. 

Sesi itu berupa pertemuan dengan FIFA melalui luring dan daring membahas persiapan penggunaan VAR sejak akhir Juni lalu.

Sepakbola Indonesia Masih Jauh dari Ideal

"Bahwa untuk VAR kita sudah menyelesaikan konferensi dengan FIFA. Minggu lalu bertepatan dengan kita menggelar RUPS saat itu perwakilan FIFA," kata Asep di Bali pada Sabtu 1 Juli 2023.

"Dari situ kita sudah masuk ke fase kedua, yaitu fase edukasi. Per tanggal 4 Juli ini kita sudah akan mulai sesi edukasi ini," ujarnya, menambahkan.

Buffon Berlatih Keras Jelang Semifinal Lawan MU

Dalam penerapan VAR, ada lima tahapan yang harus dilalui. Asep menjelaskan, tahapan tersebut terdiri dari sesi pelatihan paling krusial dan berdurasi panjang karena menyangkut sumber daya manusia.

Para wasit yang telah lolos seleksi akan menjalani pelatihan. Mereka adalah 18 wasit yang dinyatakan layak untuk memimpin pertandingan Liga 1 musim ini oleh dua instruktur wasit Jepang.

"Sebagai gambaran bahwa bulan Februari 2024 akan digunakan dan ada lima tahap untuk protokol VAR. Dari mulai project team sudah dibentuk, kick off sudah dimulai," kata Asep.

"Selanjutnya yang akan panjang adalah sesi edukasi wasitnya selama enam bulan. Jadi ada beberapa sesi dari mulai teori hingga simulasi, nanti juga ada sesi teknis klip-klip video," ucapnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya