PSSI Sempat Sebut Rumput JIS Sesuai Standar FIFA, Sekarang Kok Beda?

Pernyataan di situs PSSI mengenai rumput di JIS
Sumber :
  • Pssi.org

Jakarta – Polemik terkait renovasi rumput Jakarta International Stadium (JIS) tengah mencuri perhatian banyak pihak, menyusul akan diadakannya Piala Dunia U 17 di Indonesia.

Di Usia 94 Tahun, PSSI Optimistis Masa Depan Sepakbola Indonesia Cerah

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bersama dengan Ketum PSSI, Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono pun sempat meninjau langsung kelayakan JIS pada Selasa kemarin.

Ketiganya sepakat bahwa rumput JIS perlu diganti lantaran dianggap tidak memenuhi standar FIFA.

Sepakbola Indonesia Masih Jauh dari Ideal

"Hari ini kami melihat JIS, stadion yang bagus namun kami evaluasi, kalau nanti dievaluasi FIFA mudahan-mudahan bisa memenuhi standar, salah satu yang utama rumput," kata Basuki kepada wartawan, Selasa, 4 Juli 2023.

Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara

Photo :
  • Antara
Timnas Indonesia Berpeluang Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Terbaru di Kualifikasi Piala Dunia 2025

Menariknya, pernyataan ini berseberangan dengan pernyataan di situs resmi PSSI pada September 2022. Saat itu, Sekjen PSSI Yunus Nusi menyebut rumput JIS sudah sesuai standar FIFA.

Dalam unggahannya tersebut, PSSI mengapresiasi pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terkait kondisi Jakarta International Stadium (JIS) yang masih punya kekurangan. Namun, PSSI pun juga mengakui jika stadion dan rumput JIS adalah kelas dunia. 

"Kalau soal stadion harus kita akui. Itu megah layaknya stadion di Eropa. Demikian juga rumput stadion. Semua berstandar FIFA," ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi dikutip dari laman resmi PSSI. 

"Namun, yang kita soroti itu sarana dan prasarana perimeter stadion yang belum selesai 100%. Jadi netizen, pelaku sepakbola, atau siapapun yang senang dengan sepakbola jangan salah sangka atau menuduh PSSI yang bukan-bukan. Kritikan PSSI ini untuk kebaikan bersama," lanjutnya.

Pernyataan PSSI tersebut tertuang dalam artikel berjudul "PSSI Siap Kolaborasi dengan JIS". Artikel lengkapnya masih bisa dibaca di sini.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya