Seleksi di 10 Kota, Bima Sakti Cari Pemain untuk Lengkapi Karangka Timnas U-17

Bima Sakti
Sumber :
  • Dede Idrus (Bandung)/ VIVA

BANDUNG – Bandung jadi kota pertama dalam proses seleksi Timnas U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023. Ajang seleksi ini berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu 12 Juli 2023.

Terpopuler: 6 Pemain Bidikan Inter Milan, Pengakuan Pelatih Korsel Usai Dihajar Indonesia

Pelatih Timnas U-17, Bima Sakti mengaku senang proses seleksi hari pertama mendapat perhatian langsung dari Presiden, Joko Widodo. Kehadiran Jokowi tentu membuat pemain muda semakin termotivasi.

"Kita alhamdulillah seleksi pertama di 10 kota ini diawali di Bandung dan kita bersyukur mendapat perhatian dari Presiden, dan kita bekerja sama dengan klub Persib dan dibantu Asprov Jabar," kata Bima kepada awak media.

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Proses seleksi kali ini diikuti sebanyak 187 pemain dari berbagai daerah di Jawa Barat. Kegiatan ini juga dibantu tim scoting dari pelatih Indra Syafri dan mantan pemain nasional seperti Robi Darwis, Rully Nere, Budi Sudarsono serta Firman Utina.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

"Jadi kami di sini memberi kesempatan seluruh anak muda usia kelahiran 2006-2007 untuk diseleksi Timnas U-17 persiapan Piala Dunia November nanti," terangnya.

"Ini dari Sabang sampai Merauke tapi ini 10 kota yang akan kunjungi dan kita akan memilih pemain yang terbaik sesuai dengan kriteria yang sudah kami tentukan," tambahnya.

Bima belum bisa memastikan berapa jumlah pemain yang terpilih dalam seleksi Timnas U-17. Mengingat, waktu persiapan untuk menghadapi Piala Dunia U-17 hanya tinggal empat bulan lagi.

"Tergantung jumlah ya, tapi memang kita jumlahnya harus selektif jadi jumlah mereka sudah tidak banyak, karena kita waktunya juga dan kita juga sudah ada kerangka tim dan ini beri kesempatan lagi di luar pemain pemain yang ada untuk kita seleksi," ungkapnya.

"Kita inginnya lihat kualitas, tergantung kualitas, tergantung nanti kebutuhan di tim kami juga dan ya kan kita sudah mengirimkan standarisasi yang kita minta, nanti lihat game mereka bagaimana menilai mereka secara individu, secara grup maupun taktik secara tim," lanjutnya.

Kerangka tim untuk Piala Dunia U-17, diakui Bima memang sudah terbentuk. Namun, masih ada kekurangan yang harus ditutupi sehingga harus menggelar seleksi sebagai pelengkap mengisi kekosongan tim.

"Ya kita sudah ada pemain-pemain yang kemarin juara piala AFF U-16 di Yogyakarta, kita tinggal mencari kekurangan yang ada, kita ambil buat bergabung dengan kerangka yang sudah ada," tuturnya.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya