Suporternya Tak Bisa Dilarang, 4 Klub Liga 1 Ini Didenda Komdis PSSI

Komite Disiplin PSSI
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Sebanyak empat klub Liga 1 harus menerima sanksi dari Komdis PSSI akibat ulah suporter mereka sendiri. Empat klub tersebut didenda lantaran suporter melanggar aturan away.

Umuh Muchtar Janjikan Bonus Berlipat Jika Persib Bandung Juara Liga 1

Adapun empat klub tersebut yakni PSIS Semarang, PSS Sleman, Persija Jakarta, dan Persita Tangerang yang mendapatkan denda dari Komdis itu. Masing-masin klub didenda senilai Rp 25 juta.

Suporter PSIS datang ke laga tandang saat lawatan ke markas PSS. Sedangkan pendukung Persija datang ke markas Persita. Semua laga itu dimainkan pada pekan kelima.

Ribuan Bobotoh Bakar Semangat Persib Bandung Jelang Lawan Bali United


"Adanya suporter PSIS Semarang sebagai suporter tim tamu yang hadir dalam pertandingan. Setelah didengar keterangan dari Panitia Pelaksana Pertandingan PSS Sleman, pengawas pertandingan, diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran regulasi dan disiplin," kata pernyataan di Instagram PSSI.

Pernyataan yang sama juga dikirimkan oleh Komdis PSSI kepada PSS, Persija, dan Persita

Lawan Bali United Pindah Venue dan Tanpa Penonton, Begini Kata Pelatih Persib Bandung


Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah mengungkapkan alasan larangan suporter datang ke laga tandang. Sepakbola Indonesia saat ini masih dipantau FIFA lantaran Tragedi Kanjuruhan

"Kami sudah bikin kesepakatan sesuai dengan perjanjian bersama FIFA, pemerintah, PT LIB, dan kepolisian. Bahwasanya yang namanya pertandingan sepakbola di Indonesia untuk dua tahun ke depan sedang dipantau FIFA," kata Erick Thohir kepada wartawan.

"Kalau ada kerusuhan lagi, nanti kompetisi pasti disetop dan Indonesia dihukum. Oleh karena itu, kesepakatannya suporter tim tamu tidak boleh datang," ujarnya menambahkan.


Hasil Sidang Komite Disiplin PSSI, 28 Juli 2023 

1. Klub PSIS Semarang
- Nama Kompetisi: BRI Liga 1 2023/2024
- Pertandingan: PSS Sleman vs PSIS Semarang
- Tanggal Kejadian: 21 Juli 2023
- Jenis Pelanggaran: adanya suporter PSIS Semarang sebagai suporter klub tamu yang hadir dalam pertandingan. Setelah didengar keterangan dari Panitia Pelaksana Pertandingan PSS Sleman, Pengawas Pertandingan dan diperkuat dengan bukti bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran regulasi dan disiplin.
- Hukuman: sanksi denda Rp25.000.000

2. Panitia Pelaksana Pertandingan PSS Sleman
- Nama Kompetisi: BRI Liga 1 2023/2024
- Pertandingan: PSS Sleman vs PSIS Semarang
- Tanggal Kejadian: 21 Juli 2023
- Jenis Pelanggaran: gagal mengantisipasi kehadiran suporter PSIS Semarang sebagai suporter klub tamu di stadion. Setelah didengar keterangan dari Panitia Pelaksana Pertandingan PSS Sleman, Pengawas Pertandingan dan diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran regulasi dan disiplin.
- Hukuman: sanksi denda Rp25.000.000

3. Panitia Pelaksana Pertandingan Persita Tangerang
- Nama Kompetisi: BRI Liga 1 2023/2024
- Pertandingan: Persita Tangerang vs Persija Jakarta
- Tanggal Kejadian: 22 Juli 2023
- Jenis Pelanggaran: gagal mengantisipasi kehadiran suporter Persija Jakarta sebagai suporter klub tamu di stadion. Setelah didengar keterangan dari Panitia Pelaksana Pertandingan Persita Tangerang, Pengawas Pertandingan, Venue Manager, Ketua The Jakmania dan diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran regulasi dan disiplin.
- Hukuman: sanksi denda Rp25.000.000

4. Klub Persija Jakarta
- Nama Kompetisi: BRI Liga 1 2023/2024
- Pertandingan: Persita Tangerang vs Persija Jakarta
- Tanggal Kejadian: 22 Juli 2023
- Jenis Pelanggaran: adanya suporter Persija Jakarta sebagai suporter klub tamu yang hadir dalam pertandingan. Setelah didengar keterangan dari Panitia Pelaksana Pertandingan Persita Tangerang, Pengawas Pertandingan, Venue Manager, Ketua The Jakmania dan diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran regulasi dan disiplin.
- Hukuman: sanksi denda Rp25.000.000

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya