Respons PSSI soal Keributan Suporter di Laga PSIS Vs Persib

Duel PSIS Semarang vs Persib Bandung
Sumber :
  • Twitter: Persib Bandung

VIVA – Kerusuhan suporter kembali terjadi di laga Liga 1. Kali ini mewarnai pertandingan antara PSIS Semarang vs Persib di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu 20. Agustus 2023.

Di Usia 94 Tahun, PSSI Optimistis Masa Depan Sepakbola Indonesia Cerah

Kericuhan terjadi antara suporter PSIS dengan fans Persib, Bobotoh, yang diduga hadir di Stadion Jatidiri.  Dalam video terdapat saling lempar botol dan plastik ke arah suporter.

Selain itu, juga ada pelemparan semacam tepung hingga mengakibatkan suporter terdesak di tribun penonton. Dikabarkan belasan suporter tamu mengalami luka-luka dan mendapatkan perawatan medis.

Sepakbola Indonesia Masih Jauh dari Ideal

Terkait hal itu, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengingatkan bahwa perwakilan FIFA sudah berada di Indonesia dan memantau sepakbola nasional.

"Kami menyayangkan kejadian di Semarang. Kami semua harus bersama-sama bekerja sama dari seluruh elemen sepakbola baik itu PSSI, PT LIB, klub, dan suporter," kata Arya.

Jatuh Bangun Como: Dari Istri Eks Bintang Persib, Dibeli Orang Kaya RI hingga Promosi ke Serie A

Lebih lanjut, Arya kecewa karena suporter Persib masih saja menyaksikan langsung laga tandang. Padahal, PSSI mengambil kebijakan larangan suporter melakukan tradisi away di Liga 1 musim ini.

Kebijakan itu diambil sebagai bagian transisi sepakbola Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan. Klaim federasi, sepakbola Indonesia dalam pemantauan FIFA pasca tragedi memilukan di Malang.

"Keputusan transisi oleh PSSI setelah mendapatkan arahan FIFA bahwa penonton tandang itu tidak boleh datang harus sudah dilakukan sama-sama. Seluruh suporter juga harus tahan diri supaya tidak datang ke kandang lawan," ujar Arya.

"FIFA sudah ada di Indonesia dan melihat kejadian ini. Ayo teman-teman suporter, klub, PSSI, dan PT LIB harus bergandengan tangan untuk ubah diri kita," ucapnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya