Begini Nasib Timnas Indonesia U-23 Setelah Cuma Menang 1-0 Lawan Timor Leste

Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia U-23 hanya meraih kemenangan1-0 atas Timor Leste pada laga kedua Grup B Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Minggu, Minggu 20 Agustus 2023.

Kisruh Nobar Timnas Indonesia U-23 Dilarang, Begini Respons Kemenpora

Lantas, bagaimana nasib Timnas Indonesia U-23 usai kemenangan tipis ini? Skuad Garuda sejatinya membutuhkan kemenangan besar atas Timor Leste untuk lolos ke babak semifinal.

Pasalnya, pada laga perdana Indonesia ditumbangkan Malaysia 1-2. Kekalahan itu membuat peluang Indonesia lolos sebagai juara grup menipis.

Pemerintah Instruksikan Seluruh Pemda Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Satu-satunya jalan untuk ke babak sempat besar adalah mengincar runner up terbaik. Ajang Piala AFF U-23 2023. ini memang berbeda dari biasanya.

Kini ada tiga grup yang diisi tiga tim (kecuali Grup A, 4 tim) Adapun juara di grup masing-masing berhak lolos langsung ke semifinal. Kemudian, satu tim diambil dari status runner up terbaik.

Shin Tae-yong Ungkap Satu Keuntungan Timnas Indonesia U-23 daripada Uzbekistan

Dengan kemenangan atas Timor Leste, Indonesia kini menempati posisi puncak klasemen runner-up terbaik. Filipina menjadi pesaing Indonesia yang sementara. menjadi runner up Grup C dengan satu poin.

Nasib Indonesia akan ditentukan pada laga terakhir Grup C antara Filipina melawan Vietnam yang sudah mengantongi tiga poin.

Artinya, jika Vietnam bisa menang Indonesia masih berada di klasemen atas runner up terbaik. Namun, jika Filipina menang dengan maksimal selisih dua gol, Indonesia tersingkir karena kalah baik dari Vietnam dalam hal selisih gol.

Kemudian, tim yang jadi pesaing Indonesia dari A ada Kamboja yang sementara duduk di posisi runner-up dengan 4 poin. Kamboja pada laga terakhir melawan Thailand.

Indonesia berharap pada Thailand untuk dapat memenangkan laga.  Jika sebaliknya, hal tersebut nantinya menempatkan Thailand di posisi lebih sip dari Indonesia di runner-up terbaik.

Sebagai catatan, Grup A berisi empat tim. Dalam penghitungan untuk runner-up terbaik, nantinya duel melawan juru kunci di Grup A tidak dihitung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya