Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-23, Shin Tae-yong Ungkit Vietnam Vs Thailand yang Tak Fairplay

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

Thailand – Shin Tae-yong memberi pernyataan mengejutkan saat konferensi pers jelang semifinal Piala AFF U-23 2023 Thailand vs Indonesia. Dia mengungkit pertandingan tidak fairplay antara Thailand dan Vietnam di Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-23 Dapat Bonus Rp23 Miliar dari 23 Pengusaha

Ketika itu kedua tim bertemu dalam laga pamungkas Grup A dan duel berakhir imbang 1-1. Alhasil Indonesia U-19 gagal untuk melangkah ke babak semifinal.

Shin Tae-yong yang memimpin skuad Indonesia U-19 merasa kesal. Dia menganggap pertandingan tidak dijalankan dengan menjunjung tinggi fairplay.

Ibunda Pratama Arhan: Semoga Timnas Indonesia U-23 Menang meski dengan Skor Tipis

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

Hal itu kembali diungkit oleh Shin Tae-yong, Rabu 23 Agustus 2023. Ini sekaligus menjawab pertanyaan jurnalis mengenai rasa terima kasih Indonesia U-23 kepada Vietnam U-23 yang mengalahkan Filipina U-23 dengan skor 1-0.

STY Kantongi Rahasia Keganasan Uzbekistan di Piala Asia U-23: Saya Tak Pernah Kalah dari Mereka

Karena dengan begitu Indonesia bisa mendapatkan jatah ke semifinal Piala AFF U-23 2023 dengan status runner up terbaik. Tapi jawaban sang juru taktik atas pertanyaan jurnalis Vietnam itu di luar dugaan.

"Filosofi saya tentang sepakbola adalah permainan harus dimainkan secara adil berdasar fairplay. Itulah filosofi saya tentang sepakbola," kata Shin Tae-yong.

Indonesia vs Malaysia di Piala AFF U-23 2023

Photo :
  • PSSI

"Saat Piala AFF U-19 di Indonesia, ada pertandingan Thailand dan Vietnam. Saya meyakini itu tidak dimainkan dengan fair," imbuhnya.

Karena itulah juru taktik asal Korea Selatan itu memilih untuk tidak berterima kasih kepada Vietnam. Karena memang sudah sepatutnya pertandingan berjalan dengan adil.

"Saya pikir itu adalah sesuatu yang bagus dari pertandingan semalam yang saya lihat," ujar Shin Tae-yong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya