Ada Omongan Penting Ketum PSSI di Ruang Ganti Usai Timnas Indonesia U-23 Telan Taiwan

Ketum PSSI Erick Thohir dan wakilnya Zainudin Amali
Sumber :
  • Fajar Sodiq (Solo)/ VIVA

SOLO – Ketua Umum PSSI Erick Thohir tak bisa menyembunyikan rasa bangganya atas kemenangan yang diraih Timnas Indonesia U-23 melawan Taiwan dengan cukup fantastis 9-0 dalam babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Grup K. Kemenangan itu menjadi kado terindah pada peringatan Haornas yang jatuh bertepatan dengan hari ini, Sabtu, 9 September 2023.

Alasan PSSI Perpanjang kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

“9 September 1948 Hari Olahraga Nasional, hari ini adalah tentu hadiah buat Haornas yang memang lahirnya di Solo,” Erick Thohir kepada awak media usai menyaksikan pertandingan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu malam, 9 September 2023.

Menurut Erick, Peringatan Haornas tidak bisa lepas dari Solo. Pasalnya Haornas berawal dari digelarnya Pekan Olahraga Nasional (PON) I yang digelar di Stadion Sriwedari, Solo pada 9 September 1948. Kini stadion tersebut terlah ditetapkan sebagai Monumen PON I 1948.

Rafael Struick Terpilih sebagai Bintang Masa Depan Piala Asia U-23 2024

“Angka kemenangannya juga pas lagi 9-0, 9 September. Jadi selamat kepada Indonesia (atas kemenangannya),” kata dia.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Ketua Umum PSSI itu mengungkapkan usai pertandingan, dirinya juga sempat masuk ke kamar ganti pemain. Di dalam ruangan tersebut, ia menyampaikan kepada pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-Yong agar Timnas U-23 menjadi tim yang dipersiapkan untuk masa depan.

“Tentu saya berharap benar-benar fokus tim ini untuk masa depan kita. Karena kita berharap tentu kalau tanggal 12 September bermain baik, kita masuk yang namanya kejuaraan U-23 AFC di Qatar pada April sehingga itu merupakan babak kualiifikasi Olimpiade,” sebutnya.

Adanya momen tersebut, Erick pun berpesan kepada para pemain jika ingin bermain dalam pesta olahraga dunia Olimpiade Paris maka skuad Garua Muda harus tetap bekerja keras. Selain itu, ia juga meminta kepara para pemain untuk tidak terlena atas kemenangan mutlak tersebut.

“Untuk para pemain, saya bilang anda mau nggak main Olimpiade? Tetapi kembali jangan sampai kemenangan 9-0 ini terlena. Tanggal 12 September lawan Turkmenistan juga bukan tim yang bisa dianggap sebelah mata karena mereka menang 4-0 (lawan Taiwan),” kata dia.

Bahkan Erick Thohir sedikit membocorkan bahwa skuad Timas Turkmenistan U-23 bukan sembarang tim lantaran beberapa pemain yang bergabung dengan tim senior saat tanding melawan Timnas Indonesia senior di Stadion Gelora Bung Tomo juga akan bergabung dengan Timas Turkmenistan U-23.

“Beberapa pemain yang bertanding dengan tim senior juga akan gabung di U-23-nya mereka melawan Timas Indonsia U-23. Jadi ayo fokus. Nanti kalau lawan Turmenistan hasilnya bismillah baik, nanti ke Qatar ya fokus lagi kalau ingin jadi tim yang benar-benar Indonesia bisa banggakan. Mereka generasi emasnya Indonesia,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya