Shin Tae-yong Resmi Gabung Klub Korsel, Segera Tinggalkan Timnas Indonesia?

Shin Tae-yong
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

VIVA – Kabar mengejutkan datang dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dia secara resmi bergabung ke klub Korea Selatan, Seongnam FC, sebagai penasihat klub.

Profil Francois Letexier, Wasit Kontroversial di Laga Timnas Indonesia vs Guinea U-23

Hal ini disampaikan langsung oleh. Seongnam melalui akun resmi media sosial mereka. Selain Shin Tae-yong, Seongnam memperkenalkan tiga orang lainnya sebagai penasihat klub yang bertugas di sektor kerja sama luar negeri, divisi publisitas, dan dokter olahraga.

"Seongnam FC mengadakan upacara untuk penasihat klub pada pukul 14.00 hari ini, tanggal 27 (Jumat) di rumah klub Seongnam FC," tulis Seongnam FC di akun Instagram. 

Timnas Indonesia Sedang Berkembang, Pemain Vietnam Malah Pesta Narkoba

Bagi Shin Tae-yong, Seongnam FC bukan tim asing karena sempat bermain selama 12 tahun pada 1992-2004. Dia sukses mengantarkan Seongnam FC meraih enam gelar Liga Korea Selatan, satu Piala FA Korea Selatan, satu Asian Club Championship, dan satu Asian Super Cup.

Kemudian, dia juga sempat melatih Seongnam FC selama empat musim pada 2008-2012 dan meraih satu gelar Liga Champions Asia dan Piala FA Korea Selatan.

Mengharukan, Shin Tae-yong Menangis Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Lantas, bagaimana kontrak. Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia? Shin Tae-yong datang ke Timnas Indonesia pada akhir 2019, dan kontraknya berakhir pada Desember 2023. Namun, Shin Tae-yong membeberkan bahwa kontraknya saat ini sudah diperpanjang oleh PSSI.

"Awalnya kontraknya itu sampai Desember 2023, tetapi sekarang sampai Juni 2024 maka diperpanjang," ujar STY dikutip dari akun YouTube, Kaesang Pangarep by GK Hebat. 

Agenda terdekat, Timnas Indonesia akan menghadapi babak kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua menghadapi Irak dan Filipina.

Pertandingan melawan Irak akan berlangsung pada 16 November 2023, sedangkan laga kontra Filipina bakal berlangsung lima hari kemudian.

Pasukan STY pun akan berpartisipasi dalam ajang Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada Januari 2024. Timnas Indonesia berada di Grup D Piala Asia bersama Irak, Vietnam, dan Jepang. 

Kemudian, Shin Tae-yong juga akan disibukkan dengan agenda bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala Asia U-23 pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Dengan agenda yang cukup pada tersebut, maka suporter Timnas Indonesia bisa bernapas lega karena Shin Tae-yong masih akan tetap melatih. "Sudah sepakat dengan Erick Thohir (Ketua Umum PSSI), kita akan maksimalkan," katanya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya