Nasib Timnas Indonesia U-17 Usai Calon Lawan Ngamuk 10-0

Pemain Timnas Indonesia U-17, Amar Rayhan Brkic
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Timnas Indonesia U-17 akan tampil di Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember. Skuad Garuda muda tergabung di Grup A bersama Ekuador, Maroko dan Panama.

Piala Asia Wanita U-17 Segera Dimulai di Pulau Dewata, Gratis Buat yang Mau Nonton

Jelang bergulirnya turnamen,  calon lawan Timnas Indonesia U-17 yakni Panama pamer kekuatan. Mereka baru saja membantai Bhayangkara FC U-19 dalam pertandingan uji coba di Surabaya, Sabtu kemarin.

Panama U-17 pun mampu menunjukkan kekuatan hebatnya dengan membantai Bhayangkara FC U-19 dengan skor telak 10-0 pada pertandingan uji coba di lapangan UNESA, Surabaya.

5 Potret Keharmonisan Keluarga Shin Tae-yong dan Istri Cantiknya yang Bak Artis Korea

Kemenangan besar Panama U-17 atas Bhayangkara FC U-19 ini patut menjadi kewaspadaan bagi para pesaing di Grup A, termasuk Indonesia.

Pengamat sepakbola nasional, Mohamad Kusnaeni mengatakan Indonesia harus waspada namun tak boleh gentar. Menurutnya, apapun bisa terjadi di level Piala Dunia, karena tim-tim yang tampil adalah mereka yang terbaik.

Pesan KBRI Doha untuk Suporter Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Irak

"Ini adalah Piala Dunia U-17 jadi persaingannya sangat sengit karena ini levelnya sudah dunia," kata Kusnaeni kepada VIVA, Selasa 7 November 2023.

"Kita bisa lihat bahwa tim terlemah saja Panama bisa bantai Bhayangkara FC 10-0. Karena levelnya sudah kelas dunia, jadi saya rasa apapun bisa terjadi,"ucap Kusnaeni.


Meski demikian, Kusnaeni yakin Timnas Indonesia U-17 bisa berbuat banyak di event dua tahunan ini. Mulai dari persiapan hingga faktor non teknis mendukung tim besutan Bima Sakti ini.

Sebelum tampil di Piala Dunia U-17, para pemain menjalani pemusatan latihan di Eropa. Mereka juga mendapatkan laga uji coba melawan tim-tim Jerman. Selain itu, PSSI juga memanggil pemain-pemain diaspora yang memiliki kualitas di atas rata-rata.

"Tim ini juga memiliki chemistry yang bagus karena mayoritas pemain adalah jebolan Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia. Selain itu, dukungan suporter karena status tuan rumah juga menjadi keuntungan bagi Indonesia," ucap Kusnaeni.

"Timnas Indonesia U-17 tidak boleh gentar, yang terpenting adalah memberikan yang maksimal di setiap laga.  Dan, memang targetnya adalah lolos dari fase grup,  saya rasa itu bukan mustahil untuk dicapai," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya