Imbas Kerusuhan, PSIS Semarang Disanksi Tanpa Penonton Sampai Liga 1 2023/24 Selesai

Suasana kerusuhan suporter PSIS dan PSS di stadion Jatidiri Semarang
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Semarang – Akibat kerusuhan suporter saat laga PSIS Semarang melawan PSS Sleman, Komite Disiplin PSSI Semarang memberi sanksi cukup berat kepada tuan rumah PSIS Semarang.

PSIS dikenakan sanksi pertandingan tanpa penonton hingga akhir musim kompetisi Liga 1 2023/24. PSIS dinilai melanggar Kode Disiplin PSSI Tahun 2023 karena terjadi pengulangan kejadian yang sama yaitu keributan suporter PSIS Semarang dan suporter tim tamu.

Komite Disiplin PSSI telah bersurat ke PSIS pada Rabu kemarin, 6 Desember. Bunyi hukuman pada surat Komite Disiplin tersebut adalah :

"Merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2023, Klub PSIS Semarang dikenakan sanksi larangan menyelenggarakan pertandingan dengan penonton saat menjadi tuan rumah, sejak keputusan ini diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat sampai dengan Kompetisi Liga 1 Tahun 2023-2024 berakhir".

Selain itu, PSIS juga dikenakan sanksi denda sebesar Rp 25.000.000.

Kata Thomas Doll Usai Persija Turunkan Rans ke Zona Degradasi

Suasana kerusuhan suporter PSIS dan PSS di stadion Jatidiri Semarang

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno


Seperti diberitakan, kerusuhan terjadi pada Minggu (3/12/23) saat laga antara PSIS Semarang melawan PSS Sleman. Kerusuhan terjadi antara suporter PSIS dengan suporter PSS Sleman setelah sebelumnya saling ejek. Kemudian terjadi saling lempar batu yang membuat sejumlah orang terluka termasuk CEO PSIS Yoyok Sukawi.

Kerusuhan kemudian juga terjadi di jalan-jalan yang dilalui suporter PSS Sleman yang akan kembali ke Sleman. Sejumlah oknum suporter merusak 5 bus dan kendaraan lain yang mengangkut suporter PSS Sleman. Pihak kepolisian telah memeriksa Sejumlah orang dengan status sebagai saksi.

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Ketum PSSI, Erick Thohir

Jadi Sorotan Media Asing, Erick Thohir Tegaskan Timnas Indonesia Akan Terus Terbang Tinggi

Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 menembus babak semifinal Piala Asia U-23 menarik perhatian dunia sepakbola internasional. Erick Thohir optimistis Indonesia bisa.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024