5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Dipermak Timnas Iran

Elkan Baggott, Timnas Indonesia vs Timnas Iran
Sumber :
  • Situs Resmi PSSI

Qatar - Timnas Indonesia meraih kekalahan besar atas Timnas Iran dengan skor 0-5 dalam laga uji coba di Stadion Al Rayyan Sports Club pada Selasa malam kemarin, 9 Januari 2024.

Pernyataan Sinis Pelatih Uzbekistan soal Suporter Timnas Indonesia U-23 Jelang Semifinal Piala Asia

Kelima gol Timnas Iran masing-masing dibukukan Saman Ghoddos (2'), Rouzbeh Cheshmi (21'), Saman Fallah (35') dan Mehdi Ghaedi (71', 87). Sedangkan bagi Timnas Indonesia ini merupakan kekalahan ketiga secara beruntun. Berikut beberapa fakta menarik duel Timnas Indonesia vs Timnas Iran:

1. Catatan Buruk Timnas Indonesia

Pemkab Tangerang Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 di Alun-alun Tigaraksa

Timnas Indonesia Vs Libya

Photo :
  • Media PSSI

Jelang Piala Asia bergulir, Timnas Indonesia harus berhadapan dengan catatan buruk. Dalam lima pertandingan terakhir, Skuad asuhan Shin Tae-yong meraih empat kali kekalahan dan satu kali imbang. Ini bukan torehan yang baik bagi Timnas Indonesia.

Poster Nobar Timnas Indonesia Dipenuhi Foto Pejabat Jadi Sorotan Netizen

2. Catatan Apik Timnas Iran

Para pemain Timnas Iran merayakan gol.

Photo :
  • AP Photo/Francisco Seco

Kemenangan atas Timnas Indonesia, membuat Timnas Iran memiliki torehan apik. Mereka berhasil meraih empat kali kemenangan dan satu kali imbang. Ini akan menjadi modal penting bagi Timnas Iran saat mengawali pembukaan di Piala Asia menghadapi Timnas Palestina.

3. Babak Belur Menuju Piala Asia

Duel Timnas Indonesia vs Libya

Photo :
  • Instagram @timnas.indonesia

Timnas Indonesia akan menjalani pertandingan Piala Asia dengan laga pembuka menghadapi Timnas Vietnam. Namun jelang pembukaan gelaran tersebut, Timnas Indonesia harus mengalami kekalahan di beberapa pertandingan uji coba. Hal tersebut akan menjadi PR bagi Timnas Indonesia.

4. Kata Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

Meskipun menelan kekalahan atas Timnas Iran, Shin Tae-yong sebagai pelatih tetap memberikan apresiasi kepada para pemain.

"Pemain sudah berjuang dan kerja keras di lapangan. Memang ada beberapa kesalahan dari lini belakang kita, apalagi ada tiga gol yang merupakan hasil dari kesalahan kita sendiri, " kata Shin Tae-yong, dilansir situs resmi PSSI.

"Kedepannya lawan akan lebih banyak menguasai bola. Karenanya kita akan melatih situasi itu, agar pemain bisa mencari celah untuk menyerang balik dan menciptakan peluang yang baik, " lanjutnya.

5. Banyak Pelajaran

Elkan Baggott

Photo :
  • PSSI

Kekalahan atas Timnas Iran, membuat Timnas Indonesia meraih banyak pelajaran dari laga tersebut. Hal ini disampaikan oleh salah satu pemainnya yaitu Elkan Baggott.

"Sekali lagi kami mendapatkan pertandingan yang dapat menjadi pembelajaran. Kami memainkan beberapa permainan yang menarik namun sayangnya kami kembali kebobolan untuk gol yang mudah," ungkap Elkan Baggott.

"Hasil pertandingan mungkin tidak mencerminkan bagaimana pertandingan berjalan. Tapi ini adalah 90 menit yang menjadi pelajaran bagi banyak pemain. Jadi kami tahu kami harus siap dan fit di pertandingan pertama nanti (saat turnamen)," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya