Erick Thohir Ultimatum Shin Tae-yong dan Pemain Timnas Indonesia Jelang Lawan Vietnam

Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir meminta pemain Timnas Indonesia untuk habis-habisan menghadapi Vietnam pada laga kedua Piala Asia 2023.

Media Asing Sebut Kebugaran Pemain Guinea Ungguli Indonesia: Mereka Tak Bertanding 3 Bulan

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Jumat malam WIB, 19 Januari 2024. Pertandingan ini penting bagi skuad Garuda.

Kalau kalah, tidak ada lagi harapan bagi pasukan Shin Tae-yong lolos ke babak 16 besar. Oleh karenanya, kemenangan menjadi harga mati bagi Indonesia.

Kendala yang Dihadapi Indonesia U-23 Jelang Lawan Guinea U-23

Erick menekankan para pemaain harus optimistis meski target meraih poin melawan Irak di laga pertama tidak tercapai. Pria yang juga menjabat Menteri BUMN itu meminta para pemain untuk menunjukkan patriotismenya.

"Saya enggak mau juga karena satu target meleset kita jadi tim yang tidak optimistis. Saya melihat banyak sekali tim-tim negara lain yang punya jiwa patriotik. Ini yang saya harapkan juga tim nasional kita harus bisa tidak kalah patriotiknya," kata Erik.

Media Asing Prediksi Timnas Indonesia Bakal Kesulitan Lawan Guinea

Lebih lanjut, Erick meminta agar pemain tetap percaya diri. Jika sebaliknya, dia menyuruh para pemain lebih baik pulang daripada berkompetisi.

"Jadi saya berharap tim nasional tampil maksimal. Jangan terjebak pola pikir, wah udah enggak dapet poin, lemesan. Kalau lemesan pulang saja," ucap Erick.

"Tapi justru saya yakin mereka masih bisa berikan yang terbaik. Dan saya lihat sendiri tim nasional kita banyak usia muda, rata-rata masih di bawah 24. Dan ini saya berharap antara tim senior, junior bisa berdampingan," sambungnya.

Sementara itu, Erick Thohir  juga menegaskan performa Timnas Indonesia di Piala Asia menjadi penilaian untuk perpanjangan kontrak Shin Tae-yong.

Jika performa pelatih asal Korea Selatan tersebut dinilai bagus maka akan membuka peluang negosiasi perpanjangan kontrak hingga 2027.

"Perpanjangan (kontrak Shin Tae-yong saat ini) sampai Juni, tetapi nanti kami review kinerjanya untuk Asia Cup Senior (Piala Asia 2023) dan tentu Asia Cup U-23 (Piala Asia U-23 2024)," kata Erick.

"Kalau prestasinya bagus, ya kami duduk untuk (menegosiasikan kontrak) sampai 2027. Sudah, tadi sudah ngomong (kontrak saat ini), sampai Juni. Kalau performanya bagus, sampai 2027," ungkap Erick

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya