Timnas Indonesia Menang, Mulut Besar Pelatih dan Pemain Vietnam Disumpal Asnawi

Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Vietnam
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023. Bertanding di Stadion Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat 19 Januari 2024, Indonesia menang dengan skor 1-0.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Asnawi Mangkualam lewat tendangan penalti pada menit ke-41. Kemenangan ini sangat penting bagi Timnas Indonesia untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar.

Pasalnya, Indonesia pada laga perdana kalah dari Irak dengan skor 1-3. Kini, dengan kemenangan melawan Vietnam Indonesia berada di peringkat ketiga dengan poin tiga, sama dengan Jepang yang ada di posisi kedua.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Selain itu, kemenangan ini juga menjadi pembuktian skuad Garuda kepada Vietnam. Pasalnya, sebelum laga, sejumlah pemain Vietnam sempat meremehkan Timnas Indonesia.

Salah satunya adalah Pemain Vietnam, Nguyen Van Truong yang menyebut dengan adanya penerapan VAR di Piala Asia 2023 ini, Timnas Indonesia tidak bisa bermain curang lantaran ada VAR.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

"Kalau pertandingan nanti lawan Indonesia, menurut saya Piala Asia tahun ini sudah ada VAR. Sehingga Indonesia tidak bisa bermain curang," ucapnya.

Selain itu, Bek Timnas Vietnam, Vo Minh Trong yang menyebut Timnas Indonesia kuat cuma karena pemain naturalisasi. 

"Kekuatan Indonesia adalah semangat dan memiliki pemain naturalisasi. Saya tahu tim mereka memiliki lima atau enam pemain naturalisasi dari Eropa,” kata Minh Trong.

Meski demikian, Vo Minh Trong tidak takut. Ia merasa Vietnam bisa mengalahkan siapapun, begitu pula Indonesia yang diisi oleh banyak pemain naturalisasi karena mereka berdedikasi.

“Namun, bertemu dengan Indonesia atau lawan mana pun, tim Vietnam selalu bermain dengan semangat dedikasi, bertekad untuk meraih hasil terbaik,” tambahnya.

Bukan cuma pemain, pelatih Vietnam Philippe Troussier sebelumnya juga tidak memandang kekuatan Indonesia. Setelah mereka sempat menyulitkan Jepang dengan kekalahan 2-4, Philippe Troussier yakin bahwa Timnya bisa finis sebagai runner up grup.

"Saya senang dengan pertandingan hari ini. Kalau dilihat dari peringkat (FIFA) dan performa terkini, Jepang adalah raksasa yang harus kami hadapi," ucapnya.

Hari ini (kemarin) Vietnam mencetak dua gol. Jadi, saya merasa kalah 4-2 lebih beruntung dibanding 2-0. Setelah pertandingan ini, kami masih bertujuan untuk lolos dari grup, menjadi peringkat ketiga atau lebih bagus, peringkat kedua," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya