Timnas Indonesia Digulung Jepang, PSSI Bingung Elkan Baggott Jadi Striker

Elkan Baggott
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Ada momen menarik saat Timnas Indonesia dikalahkan Jepang 1-3 pada laga ketiga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu 24 Januari 2024.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Pada laga tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin tae-yong memainkan Elkan Baggott sebagai striker. Momen itu terjadi ketika memasukkan Elkan Baggot di menit ke-73 dengan menggantikan Egy Maulana Vikri.

Alih-alih memperkukuh lini pertahanan, pemain Ipswich Town itu ternyata diperintahkan Shin Tae-yong untuk sebagai striker. Situasi ini jarang terjadi di Timnas Indonesia. 

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Pun, situasi ini membuat Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali mengaku bingung. Padahal, masih ada sejumlah pemain depan yang belum dimainkan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Namun demikian, Amali tak ingin mencampuri keputusan Shin Tae-yong. Taktik dan strategi di lapangan adalah murni hak dan tanggung jawab pelatih

“Saya tidak tahu apa strategi Shin Tae-yong (STY) sampai mendorong Baggott ke depan, padahal dia belum pernah dalam posisi itu dan kelihatan seperti apa,” ujar Zainudin Amali di GBK Arena, Jakarta.

“Saya tidak tahu, padahal itu kan masih ada beberapa pemain depan kita, cuma kan kita tidak tahu apa yang ada dipikiran pelatih, kita percaya saja kepada apa yang diputuskan pelatih," ucapnya.

Di sisi lain, Amali memberikan apresiasi kepada para pemain Timnas Indonesia yang telah berjuang selama pertandingan. Dia menilai, gol cepat Jepang mempengaruhi mental Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

Waketum PSSI, Zainudin Amali

Photo :
  • PSSI

“Tapi secara keseluruhan sih anak-anak sudah menunjukkan perlawanan yang luar biasa, cuma memang dikagetkan dengan gol yang sangat cepat, di menit ke-6 penalti itu,” tutur Amali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya