Shin Tae-yong Kritik Kualitas Liga 1, Begini Jawaban PSSI

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengkritik kualitas Liga 1. Karena kompetisi menurut dia adalah tempat di mana pemain diasah kemampuannya untuk menjadi lebih baik.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Hal itulah yang kemudian membuat juru taktik asal Korea Selatan itu banyak mengandalkan pemain naturalisasi dalam Skuad Garuda di Piala Asia 2023.

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali berbicara soal itu usai Timnas Indonesia menghadapi Timnas Jepang dalam pertandingan Grup D Piala Asia 2023 Qatar, Rabu malam WIB 24 Januari 2024.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Eks Menpora Zainudin Amali

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Dia mengatakan, perbaikan Liga 1 berjalan secara bertahap. Karena tidak mungkin melakukan perubahan secara total dalam waktu yang singkat.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

"Itukan jalan secara bertahap. Saya kira perbaiki liga ke arah positif dari sebelumnya, tapi tidak bisa langsung mengubah secara total apa yang sudah ada," kata Amali saat ditemui di Jakarta, Rabu malam WIB 24 Januari 2024.

Amali menyampaikan, PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia sudah berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas Liga 1.

Laga Dewa United di Liga 1

Photo :
  • Dewa United

"LIB saat bekerja dan berusaha sebaik mungkin dan liga adalah sumber dari pemain, tapi sekarang ada juga pemain di luar Liga Indonesia. Jadi, ini materi yg ada dan memang harus diramu pelatih," imbuhnya.

Mengandalkan banyak pemain naturalisasi, perjalanan Timnas Indonesia tidaklah buruk. Sekali kemenangan didapat melawan Vietnam, lalu kalah dengan skor identik 1-3 menghadapi Irak dan Jepang.

Amali meyakini, skuad Indonesia akan terus berkembang. Dia mengaku puas dengan apa yang telah diperlihatkan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya