Hasil Rapat Exco PSSI, Nasib Shin Tae-yong di Tangan Erick Thohir

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua dari kanan)
Sumber :
  • ANTARA/RAUF ADIPATI

Jakarta – PSSI telah menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco). Di dalam rapat tersebut turut dibahas mengenai masa depan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Kontrak juru taktik asal Korea Selatan itu akan berakhir pada Juni 2024. Tanda tanya bermunculan terkait kemungkinan PSSI melakukan perpanjangan kontraknya.

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali mengatakan, keputusan untuk perpanjangan kontrak Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia sudah diputuskan dalam rapat Exco. Mereka semua sepakat, untuk menyerahkan keputusan itu sepenuhnya kepada Erick Thohir selaku Ketua Umum.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

"Beberapa hari lalu rapat Exco. Kami bersepakat menyerahkan ke Ketum biar beliau yang memutuskan seperti apa kepelatihan di Timnas senior dan U-23. Silahkan Ketum ambil keputusan," kata Amali saat ditemui di Jakarta, Rabu malam WIB 24 Januari 2024.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Andai pun nantinya Shin Tae-yong tidak diperpanjang kontraknya, Exco PSSI bersepakat menyerahkan sepenuhnya penunjukkan pelatih pengganti kepada Erick Thohir.

Beberapa waktu lalu, Erick Thohir ditanya mengenai perpanjangan kontrak Shin Tae-yong. Dikatakan olehnya, semua itu tergantung dari performa Skuad Garuda di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024.

Waketum PSSI, Zainudin Amali

Photo :
  • PSSI

Jika dalam evaluasi perjalanan tim nasional di dua kejuaraan itu memuaskan, tidak tertutup kemungkinan perpanjangan kontrak hingga 2027 akan diberikan.

Sejauh ini, komunikasi Erick dengan Shin Tae-yong juga berjalan dengan baik. Kedua belah pihak saling menghargai, dan PSSI selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan Timnas Indonesia.

"Kita saling menghargai. Saya sama coach STY berkomunikasi baik. Saya dukung. Kemarin ada minta tambahan bus, saya bantu. Minta tambahan dokter, saya bantu. Saya dukung pasti," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya