Persib Bandung Lebih Garang di Laga Tandang Dibanding Kandang, Ini Penyebabnya

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

Bandung Persib Bandung telah melakoni 24 pertandingan di Liga 1. Dari 24 laga, Skuad Maung Bandung mencatatkan 41 poin dengan rincian 10 kemenangan, 3 kali kalah dan 11 kali hasil imbang.

Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Menariknya, hasil positif Persib musim ini lebih banyak diraih ketika berstatus tim tamu atau tandang. Marc Klok cs mengoleksi 6 kemenangan dilaga tandang, sedangkan kandang hanya 4 kali menang.

Pelatih Persib, Bojan Hodak, menilai ada banyak faktor yang membuat timnya lebih superior di tandang daripada kandang. Satu di antaranya adalah gaya bermain tim lawan.

Hasil Liga 1: Persis Solo Legowo Akui Kemenangan Tim Tamu Persita Tangerang

"Bisa dilihat, ada banyak hal, salah satu contohnya, ketika bermain di kandang dan ketika kami menyerang, tim lain bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik. Ini bisa saja menjadi masalah," kata Bojan.

Latihan Persib Bandung

Photo :
  • VIVA/Dede Idrus
Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

"Hal yang lain adalah ketika kami bermain tandang, tim lain lebih bermain terbuka dan kami punya lebih banyak ruang. Jadi itu alasannya," lanjutnya.

Pelatih asal Kroasia ini berkaca pada laga kandang terakhirnya menjamu Persis Solo dipekan ke-24. Persib yang sudah unggul dua gol, harus puas ditahan imbang Laskar Sambernyawa 2-2.

Dua gol Persis, kata Bojan, dikarenakan barisan pertahanan melakukan kesalahan dalam mengantisipasi serangan balik Persis Solo. Sehingga, Persib harus kecolongan dua gol dilaga tersebut.

"Kami melakukan dua kesalahan, ini kesalahan individual taktik dan teknik. Karena secara tim, permainan kami lebih baik. Di babak kedua, Persis hanya dua kali masuk ke kotak penalti kami dan mencetak dua gol," terangnya.

"Kecuali di 15 menit awal, kami bermain lebih baik, kami menciptakan banyak peluang mencetak gol. Kami memiliki 20 tembakan dan mereka hanya tujuh. Jadi kami mendominasi permainan tapi di pertahanan ada kesalahan individual yang membuat kami kebobolan," jelasnya.

Kini Persib akan melakoni laga tandang melawan Barito Putera di pekan ke-25 Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat 23 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya