Pelatih Asal Belanda Soroti Banyak Pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Nyanyikan Lagu Kebangsaan
Sumber :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

VIVA – Timnas Indonesia saat ini dipenuhi pemain-pemwin naturalisasi. Terkini, ada 11 nama dalam daftar pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk Laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Terpopuler: 6 Pemain Bidikan Inter Milan, Pengakuan Pelatih Korsel Usai Dihajar Indonesia

Pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink menyebut timnas Indonesia terlalu meremehkan diri sendiri karena banyak pemain lokal yang sejatinya memiliki talenta tersembunyi.

"Sekarang mereka (timnas Indonesia) ambil semuanya dari Belanda (pemain keturunan), tapi jangan lupa edukasi pemain sendiri(lokal)," kata Jan Olde Riekerink.

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

" Karena bagi saya Ricky Kambuaya adalah contoh, dia subjek yang saya suka dan dia mau belajar. Kalo kamu belajar hal-hal basic, kamu akan jadi pemain yang sangat bagus," ucapnya.

Rekening mengakui bahwa dirinya mengikuti perkembangan Timnas Indonesia. Sebenarnya, menurut dia Indonesia memiliki pemain lokal yang tak kalah bagus.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

"Saya rasa di Indonesia punya pemain-pemain yang teknikal sekali tetapi saat saya lihat pemain di timnas bermain mereka sedikit lebih bertahan," kata pelatih asal Belanda itu.

"Sangat penting bagi Indonesia untuk membuat identitas sendiri lalu selanjutnya harus berinvestasi di struktur dasar dan youth education. Saya pikir ini adalah tantangan terbesar di sepak bola Indonesi," jelasnya.

Timnas Indonesia belakangan memang gencar melakukan naturalisasi pemain. Beberapa nama bahkan jadi tumpuan seperti Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Jordi Amat. Lalu, ada Thom Haye dan Ratnar Oratmangoen yang selangkah lagi menjadi WNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya