Berstatus Debutan di Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Ditargetkan Lolos Olimpiade 2024

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Prabowo Subianto
Sumber :
  • ANTARA/Fajar Satriyo

Jakarta – Target tak main-main diusung Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U 23 2024 yang berlangsung di Qatar. Meski berstatus debutan di Piala Asia, Garuda Muda langsung ditargetkan menembus Olimpiade 2024.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

"Ada kesempatan sejarah yang bisa kita lakukan sama-sama, untuk pertama kalinya, bukan tidak mungkin, kalau kita fight untuk coba tembus Olimpiade," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam pertemuan bersama Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong beserta para pemain timnas seperti dalam tayangan video yang disaksikan melalui akun Instagram: @erickthohir di Jakarta, Senin.

Ia mengajak para punggawa skuad Garuda agar kembali membuat sejarah prestasi sepak bola Indonesia seperti yang ditorehkan saat menjadi juara SEA Games 2023.

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan

Dalam pertemuan itu, Erick juga melontarkan pertanyaan kepada para pemain timnas Indonesia U 23, "Siapa yang pernah buat sejarah sama-sama kita kemarin di SEA Games? Mau buat sejarah lagi?".

Pertanyaan itu disambut dengan jawaban yang kompak dari para pemain timnas yang mengatakan mau membuat sejarah.

Orang Tua Pratama Arhan Langsung Sholat Dhuha dan Doakan Indonesia ke Final

Erick mengatakan, PSSI, pelatih Shin Tae yong, serta ofisial masih tidak puas dengan hanya juara di SEA Games saja. Ia berkeyakinan para pemain juga memiliki perasaan ketidakpuasan yang sama.

Menurut dia, ada impian yang lebih besar lagi dalam menorehkan prestasi sepak bola yaitu pada Piala Asia U-23 2024 yang sekaligus menjadi ajang kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024.

Erick mengakui timnas akan menghadapi lawan-lawan yang cukup berat dalam Grup A bersama tim Australia, Qatar, dan Yordania. Namun, kata dia, mengalahkan tim-tim tersebut bukan hal yang mustahil untuk diraih.

"Saya pernah bilang kepada kalian waktu sebelum main SEA Games, kalau mata kalian bisa melihat mereka di lapangan seperti waktu itu kita melihat Thailand dan Vietnam, sama kalian juga lihat mereka, saya yakin kita tidak kalah dengan mereka," ujarnya.

Ia mengatakan, timnas saat ini merupakan generasi sepak bola Indonesia yang memiliki kesempatan untuk bisa merasakan berkompetisi di Olimpiade.

"Tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin (lolos Olimpiade)," pungkas Erick.

Untuk bisa melenggang ke Paris, Indonesia harus bisa minimal merebut peringkat ketiga. Itu berarti, armada Shin Tae-yong harus menembus semifinal dan menang dalam perebutan tempat ketiga.

Adapun jika kalah dalam perebutan tempat ketiga maka masih harus melakoni playoff melawan wakil Afrika. Guinea akan menjadi lawan karena menempati posisi keempat Piala Afrika U-23 2023.

PSSI baru saja memanggil 28 pemain Timnas Indonesia U-23 untuk berlaga di Piala Asia U-23. Rencananya, Garuda Muda akan melakoni pemusatan latihan (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab pada 1 hingga 11 April 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya