Awalnya Keberatan, PSS Sleman Akhirnya Lepas Hokky Caraka ke Timnas Indonesia U-23

Pemain PSS Sleman, Hokky Caraka
Sumber :
  • Dok Istimewa PSS Sleman

SlemanKompetisi Liga 1 musim 2023/2024 diberhentikan sementara penyelenggaraannya oleh PT LIB. Penghentian sementara pekan ke-31 Liga 1 musim 2023/2024 ini ditandai dengan dikeluarkannya surat resmi bernomor 428/LIB-COR/III/2024.

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Surat itu berisikan tentang penundaan pelaksanaan pekan kompetisi ke-31 karena penyelenggaraan Piala Asia U 23 di Qatar. Surat resmi dari PT. LIB ini telah diterima langsung oleh PSS Sleman.

Presiden Direktur PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Gusti Randa angkat bicara tentang keputusan PT. LIB menghentikan kompetisi karena Piala Asia U-23. Gusti Randa menerangkan memang ada pemain PSS Sleman yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia 2024.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Pemain yang dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-23 adalah Hokky Caraka. Hokky yang berposisi sebagai penyerang ini akan mengisi skuad pemain Timnas Indonesia U-23.

Gusti Randa mengakui jika pelatih PSS Sleman Risto Vidakovic awalnya menolak melepas Hokky untuk membela Timnas Indonesia U 23 di Piala Asia 2024. Namun karena kompetisi Liga 1 ditunda penyelenggaraannya, Risto pun mengubah keputusannya.

Pelatih Kiper Persebaya Surabaya Suntikan Semangat untuk Ernando Ari

Gusti Randa membeberkan Risto akhirnya membolehkan Hokky untuk membela Timnas Indonesia U-23 usai penyelenggaraan Liga 1 ditunda. Hal ini disebabkan jadwal Liga 1 yang padat selama bulan April dan kemampuan Hokky dibutuhkan PSS Sleman untuk menjauhi zona degradasi.

Penyerang Timnas Indonesia, Hokky Caraka

Photo :
  • PSSI

"Dari PSS mungkin ada Hokky namun kemarin pelatih memang tidak ingin melepas dia karena jadwal di bulan April. Namun dengan keputusan ini tentu menjadi hal yang positif bagi kemampuan dan karir Hokky di Timnas Indonesia untuk Piala Asia U23," kata Gusti Randa, Minggu 31 Maret 2024 di Omah PSS.

Terkait penundaan Liga 1 ini, Gusti Randa mengakui pihaknya menyayangkan keputusan yang diambil PT. LIB sebagai operator Liga 1. Meski menyayangkan namun Gusti Randa juga menyampaikan dukungannya untuk Timnas U-23 di Piala Asia 2024 mendatang

"Pertama tentu kami menyayangkan dengan keputusan tiba-tiba yang diberitahukan oleh PSSI dan PT LIB terkait penundaan jadwal ini," terang Gusti Randa.

"Karena keputusan itu diambil H-1 pekan ke-31 kembali bergulir. Hal ini tentu merugikan klub yang sudah mempersiapkan pertandingan," sambung Gusti Randa.

Meskipun menyayangkan namun Gusti Randa tetap menegaskan dukungannya kepada Tim Nasional Indonesia U23 yang akan berlaga di Qatar. Gusti Randa menyebut keputusan penundaan Liga 1 ini karena kepentingan Timnas Indonesia.

"Apapun itu, kami tetap mendukung keputusan PSSI dan PT LIB terkait penundaan jadwal ini. Karena kita semua tahu ini untuk kepentingan Timnas Indonesia di Piala Asia U23 di Qatar juga," tegas Gusti Randa.

"Kami tentu kecewa dengan keputusan PSSI dan PT LIB yang mendadak. Namun kembali ketika alasannya mengatasnamakan kepentingan Timnas Indonesia, kami akan tetap mendukung hal tersebut," tutup Gusti Randa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya