Kiper Persipura Ungkap Kiat Gagalkan Tendangan Penalti

Kiper Persipura Jayapura, Yoo Jae-Hoon
Sumber :
  • VIVA.co.id/Luzman Rifqi Karami

VIVA.co.id – Kiper Persipura Jayapura, Yoo-Jae Hoon tergolong andal di bawah mistar gawang. Kiper Korea Selatan ini merupakan salah satu kunci Mutiara Hitam mampu tampil apik dan menjuarai Torabika Soccer Championship 2016.

Preview Pertandingan Liga 1: Persikabo vs Persipura Jayapura

Hukuman penalti seringkali membuat kiper ketakutan, karena peluang pemain mencetak gol lewat cara ini sangat besar. Namun, Yoo terbukti mampu beberapa kali menggagalkan tendangan penalti. Apa rahasianya?

"Sebenarnya, saat ada hukuman penalti, tak ada cara lain. Hanya untung-untungan. Sebagai kiper, kita harus lebih tenang. kalau kiper terlihat gugup pasti penendang akan lebih tenang," kata Yoo saat berbincang dengan VIVA.co.id di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Jumat, 6 Januari 2017.

Persipura Jayapura Masih Berada di Zona Degradasi Usai Bungkam Borneo

"Saya harus lebih percaya diri. Saya harus lebih tenang dari penendang, supaya dia gugup. Saya yang harus bikin dia yang gugup. Begitu caranya," lanjutnya.

Di Piala Gubernur Kaltim 2016, Yoo yang membela Pusamania Borneo FC, mampu menggagalkan dua penalti. PBFC akhirnya keluar sebagai juara di turnamen tersebut. Yoo kembali menunjukkan penampilan apik saat menghadapi penalti,  bersama  Persipura di TSC.

Rintihan Striker Persipura Asal Ukraina, Negaranya Diserang Rusia

"Di TSC 2016, saya menghadapi dua penalti saat melawan Perseru Serui dan PSM Makassar. Dua-duanya mampu saya gagalkan. Jadi, tahun kemarin saya cukup beruntung," katanya sambil tertawa.

Yoo juga memberikan kiat agar selalu mampu tampil apik sebagai penjaga gawang. "Jaga mental dan emosi. Kalau tidak permainan kadang-kadang drop. Itu yang susah buat posisi kiper," ucapnya

Pertandingan Persipura vs PSM

Tanpa Gol di Laga Persipura Jayapura Vs PSM Makassar

Persipura Jayapura menghadapi PSM Makassar dalam pertandingan pekan ke-30 Liga 1 2021/22 di Stadion Kompyang Sujana, pada Kamis 10 Maret 2022.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022