Premier League Musim Depan Masih Ogah Pakai VAR

Ilustrasi wasit meninjau VAR
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVA – Kompetisi tersohor di dunia, Premier League masih enggan menggunakan terknologi video asisten wasit (VAR) untuk musim depan. Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh operator kompetisi tersebut.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Keputusan ini diambil setelah ada pertemuan dari para pemegang saham Premier League di London, Jumat, 13 April 2018.  Sebanyak 20 klub anggota Premier League juga menyetujui keputusan yang di ambil oleh pemegang saham.

Di tahun ini, VAR di uji coba pada gelaran Piala FA, beberapa kejadian yang kontroversial atau membingungkan diambil keputusannya oleh wasit melalui VAR. Dalam penggunaannya, masih banyak kritik dari para pemain, pelatih maupun penonton sepakbola.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Otoritas sepakbola Inggris mengambil kebijakan ini demi kemajuan perkembangan permainan. Dan, lebih ingin untuk mempelajari dalam kurun waktu yang lebih panjang.

"Hari ini, klub-klub Premier League telah setuju untuk melanjutkan uji coba VAR di musim 2018/2019. Keputusan ini muncul setelah ada diskusi yang komperehensif," tulis pernyataan resmi FA, seperti dikutip Evening Standard, Jumat, 13 April 2018.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

"Demi kemajuan sepakbola Inggris, VAR kembali dalam tahap uji coba. Tujuan utamanya adalah pembelajaran dan kami tetap menggunakannya di kompetisi yang lain," lanjutnya.

Pada tahap uji coba VAR di Piala FA musim ini, operator kompetisi di Inggris membentuk PGMOL (Pengawas Pertandingan Profesional Terbatas). Mereka bertugas untuk memantau perkembangan dari penggunaan VAR selama musim ini.

"Klub-klub sangat berterima kasih atas perkembangan subtansial yang dilakukan oleh Managing Director PGMOL, Mike Riley yang dilakukan bersama timnya," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya