Panasnya Tiket Liga Champions dan Zona Degradasi EPL

Laga Chelsea-Liverpool, N'Golo Kante dan James Milner
Sumber :
  • premierleague.com

VIVA – Juara memang sudah ditemukan, namun persaingan di English Premier League (EPL) tetaplah keras. Hingga pekan terakhir, setidaknya masih ada tujuh tim yang saling sikut agar bisa memastikan nasib di musim depan.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Dimulai dari zona degradasi, di mana empat tim kini harus adu kuat agar tak terlempar. Ada West Bromwich Albion, Swansea City, Southampton, dan Huddersfield Town.

West Brom yang posisinya paling tak diuntungkan. Cuma menyisakan satu pertandingan, West Brom hingga kini ada di posisi 19 klasemen sementara. Mereka pun wajib menang atas Crystal Palace di laga pamungkas.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Tapi, menang saja masih belum cukup buat West Brom. Mereka juga harus berharap pada hasil yang diraih Southampton serta Swansea di dua laga pamungkas.

Kebetulan, Southampton dan Swansea akan berduel pada tengah pekan ini. Laga tersebut akan menentukan siapa tim yang bakal terdegradasi. Dan, West Brom bisa mengambil keuntungan dari hasil pertandingan ini.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Jika salah satunya kalah, West Brom punya napas yang lebih panjang. Mereka masih bisa berharap lolos dengan memenangkan satu laga sisa dan berharap antara Southampton atau Swansea tersungkur di pekan pamungkas.

Ekspresi kecewa para pemain West Bromwich Albion

Huddersfield mungkin yang paling diuntungkan posisinya. Sebab, hingga kini Huddersfield berada di peringkat 16 dengan koleksi 36 poin.

Tapi, mereka tak bisa bersantai. Posisi Huddersfield bisa aman, jika mereka mengoleksi empat poin tambahan dari sisa dua pertandingan yang ada. Kalah dua kali, Huddersfield bukan tak mungkin terdegradasi.

Tiket Liga Champions

 Persaingan panas lainnya yakni memperebutkan posisi 3 dan 4, alias zona Liga Champions. Setidaknya, tiga tim masih saling sikut demi bisa mendapatkan kesempatan berlaga di Liga Champions musim depan.

Mereka yang bersaing adalah Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Chelsea. Liverpool dan Spurs sementara ini posisinya lebih baik ketimbang Chelsea.

Namun, tak berarti mereka bisa digusur. Akibat kekalahan dari Chelsea, Liverpool wajib meraih kemenangan di pertandingan pamungkas melawan Brighton & Hove Albion.

Di sisi lain, Spurs butuh tambahan empat poin lagi demi mengamankan posisinya. Andai Liverpool gagal menang atas Brighton, lalu Chelsea serta Spurs menang dalam dua laga pamungkas mereka, bisa jadi situasi berubah.

Liverpool gagal finis di empat besar dan membuat peluang mereka lolos ke Liga Champions mengecil. Lalu, Spurs dan Chelsea akan berlaga di Liga Champions.

"Sebulan lalu, tak mungkin rasanya kami bisa tembus ke Liga Champions. Sekarang, malah ada harapan. Cukup menang di dua laga sisa dan pesaing kami gagal dapat poin penuh," ujar manajer Chelsea, Antonio Conte, dilansir Daily Mirror.

Namun, Liverpool punya cara lain demi lolos Liga Champions musim depan.

Selebrasi Mohamed Salah usai bawa Liverpool singkirkan AS Roma.

Menang di final Liga Champions musim ini atas Real Madrid, akan membuat posisi mereka aman. Tak peduli finis di peringkat berapa, trofi Liga Champions yang diraih musim ini, akan jadi garansi bagi Liverpool berlaga di Liga Champions musim depan.

Hanya saja, manajer Liverpool, Juergen Klopp, tak mau terlalu bergantung pada harapan tersebut. Klopp menyatakan menang atas Brighton jadi satu kewajiban.

"Inilah hidup saya, selalu jantungan hingga hari terakhir. Musim lalu, Middlesbrough yang sudah pasti terdegradasi," kata Klopp dilansir.

"Kini, kami harus jumpa Brighton. Saya lihat mereka saat lawan Manchester United. Mereka bukan lawan yang mudah dikalahkan. Ini sepakbola, jika ingin dapat garansi, buatlah perbedaan," lanjutnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya