Masih 24 Tahun, Pemain Premier League ini Pensiun Dini karena Penyakitnya Baru Terungkap

Gelandang muda Brighton & Hove Albion, Enock Mwepu
Sumber :
  • Twitter / Enock Mwepu

VIVA Bola – Malang betul nasib gelandang muda Brighton & Hove Albion, Enock Mwepu. Kariernya di Premier League tak berlangsung lama karena penyakit yang baru terungkap.

MU Beri Laga Perpisahan untuk 3 Pemain Ini saat Hadapi Newcastle United

Bahkan, dia harus dini pada usianya yang baru 24 tahun. Kondisi Mwepu baru terungkap saat Mwepu pulang ke Zambia pada jeda internasional September lalu.

Mwepu justru tidak bermain untuk negaranya karena ia kondisinya tidak fit dan harus dirawat di rumah sakit. Setelah kembali ke Brighton, tim medis melakukan pemeriksaan lebih mendalam.

Erling Haaland Ganas, Man City Depak Arsenal di Puncak Usai Bekuk Tottenham

Namun, hasilnya menjadi kabar buruk bagi Mwepu. Ternyata, Mwepu punya riwayat jantung bawaan. Kondisi itu bisa berbahaya bagi kelangsungan hidupnya di masa mendatang.

Alhasil, Mwepu memutuskan pensiun dini. Ia mengaku masih akan tetap terlibat di sepakbola, namun tak lagi sebagai pemain.

Serangan Jantung Mendadak Mengancam, Kenali Ciri dan Faktor Risikonya!

"Enock Mwepu terpaksa mengakhiri karier bermainnya menyusul diagnosis penyakit jantung bawaan," kata pernyataan Brighton & hove Albion.

"Kondisi tersebut, yang dapat memburuk dari waktu ke waktu, akan menempatkan Enock pada risiko yang sangat tinggi untuk menderita penyakit jantung yang berpotensi fatal, jika ia terus bermain sepakbola secara kompetitif," terangnya.

Sementara Mwepu mengaku sedih harus pensiun dini. Namun, Kecintaannya pada sepakbola tidak hilang begitu saja.

Bahkan setelah mengumumkan gantung sepatu, Mwepu rencananya akan tetap terlibat di sepakbola. Hanya saja, kapasitasnya bukan sebagai pemain. 

“Beberapa mimpi memang terpaksa berakhir dengan kesedihan. Saya mengumumkan perlunya gantung sepatu karena saran medis yang telah saya terima,” jelas dia di laman resmi klub.

“Namun, ini bukan akhir dari keterlibatan saya dengan sepak bola. Saya berencana untuk tetap terlibat untuk beberapa kapasitas yang berbeda,” lanjut dia.

Mwepu sebenarnya baru lima tahun berstatus sebagai pesepakbola profesional. Ia mengawali kariernya di tahun 2017 di klub Zambia bernama Napsa Star.

Masih di tahun yang sama, tepatnya di bulan Juli, Mwepu bisa merintis karier di Eropa. FC Liefering, klub di Austria yang memberikannya kesempatan itu. Bakatnya pun terendus oleh Salzburg dan pindah ke sana setahun berselang.

Setelah tiga tahun menimba ilmu di Salzburg, Brighton memutuskan untuk merekrutnya pada 2021 lalu. Bersama The Seagulls, Mwepu sudah mencatatkan 27 penampilan, termasuk enam penampilannya di musim 2022/2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya