Alasan Juergen Klopp Usai Telan Kekalahan dalam Laga Nottingham Forest Vs Liverpool

Nottingham vs Liverpool
Sumber :
  • Mike Egerton/PA via AP

VIVA Bola – Nottingham Forest vs Liverpool yang berlangsung di City Ground dalam lanjutan Premier League, Sabtu malam WIB 22 Oktober 2022 berakhir pahit bagi tim tamu. Skuad asuan Juergen Klopp dikalahkan dengan skor 0-1.

Aston Villa Lolos ke Liga Champions, Pernah Juara Berkat Gol Eks Pelatih Timnas Indonesia

Nottingham Forest berhasil membungkus tiga angka dari pertandingan ini berkat gol semata wayang dari Taiwo Awoniyi pada menit ke-55. Dalam keadaan tertinggal, Liverpool coba semaksimal mungkin memberi balasan.

Namun sayang, sulit bagi Liverpool untuk bisa memecah kebuntuan. Permainan bertahan dari lawan diakui Klopp membuat para pemainnya kesulitan untuk mencetak gol.

MU Beri Laga Perpisahan untuk 3 Pemain Ini saat Hadapi Newcastle United

"Mereka bertahan hampir dengan semua orang yang mereka miliki dan kami harus bermain lebih baik," kata Klopp, dikutip dari Tribal Football.

Pertandingan Nottingham Forest vs Liverpool.

Photo :
  • AP Photo/Joe Giddens
Erling Haaland Ganas, Man City Depak Arsenal di Puncak Usai Bekuk Tottenham

Diakui oleh juru taktik asal Jerman itu, para pemainnya melakukan kesalahan pada babak pertama Nottingham Forest vs Liverpool. Mereka gagal menjalankan taktik dengan baik, dan minim kreasi serangan saat dihadapi permainan bertahan lawan.


 
"Sebenarnya di babak pertama, masalahnya adalah semua peluang yang mereka miliki atau momen yang mereka miliki, kami mengaturnya dengan umpan yang salah melalui tengah, tidak masuk akal, mereka memiliki sembilan pemain di sana," imbuhnya.

Formasi Anyar Liverpool

Nottingham vs Liverpool di Premier League 2022/2023

Photo :
  • Joe Giddens/PA via AP

Liverpool menggunakan formasi 4-4-2 dalam pertandingan melawan Nottingham. Di lini depan, duet Mohamed Salah dan Roberto Firmino jadi andalan.

Menurut Klopp, formasi ini baru mereka terapkan. Ada beberapa keberhasilan, seperti pergerakan sisi sayap yang ditempati oleh Harvey Elliot dan Fabio Carvalho. Para pemain bisa menunjukkan ancaman ke pertahanan lawan dengan formasi baru ini.

Tapi memang tidak mudah bagi mereka untuk menghadapi Nottingham yang bermain bertahan. Tuan rumah benar-benar tak memberikan celah bagi Liverpool untuk mencetak gol.

"Ketika kami bermain di sekitar formasi itu, maka itu langsung berbahaya dan kami bisa memiliki sedikit pergerakan di sisi sayap. Itu adalah dua hal yang tak boleh dilupakan, kami tidak pernah bermain dengan formasi ini sebelumnya, dan yang tersulit dalam sepakbola adalah bermain melawan tim yang bertahan dalam," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya