Mauricio Pochettino Puji Djordje Petrovic dan Alfie Gilchrist, Levi Colwill Cedera

Alfie Gilchrist
Sumber :
  • Instagram @alfie.gilchrist

London – Pertandingan putaran keempat Piala FA Chelsea melawan Aston Villa akan berlanjut ke pertandingan ulangan 90 menit lainnya di Villa Park setelah kedua tim tidak bisa dipisahkan dalam hasil imbang di Stamford Bridge Sabtu, 27 Januari 2024 dini hari.

Pencapaian Indonesia U-23 Hasil Upaya Semua Pihak

Kedua tim mempunyai peluang, meski bisa dibilang yang lebih baik jatuh ke tangan The Blues, terutama saat dominasi yang panjang di babak pertama.

Chelsea vs Aston Villa

Photo :
  • AP Photo/David Cliff
Xavi Hernandez Beber Alasan Bertahan di Barcelona

Namun, Mauricio Pochettino tidak ingin terlalu fokus pada kegagalannya mencetak gol, dan percaya bahwa Chelsea punya banyak alasan untuk bahagia dengan clean sheet klubnya melawan tim Aston Villa yang sedang tampil impresif akhir-akhir ini.

“Kedua belah pihak mengalami hal yang sama. Mereka mempunyai pemain-pemain luar biasa dalam menyerang dan mereka tidak mencetak gol dan kami mencatatkan clean sheet. Pertandingan seperti ini sangat sulit ketika Anda menghadapi tim seperti Aston Villa,” kata Pochettino, dikutip dari situs ChelseaFC.

Bocah Super Arsenal Tak Cuma Andalkan Bakat

“Kami tidak mencetak gol tapi menciptakan peluang dan saya yakin pada para pemain saya. Bermain dengan cara ini kami akan mencetak gol dan kami datang dari hari Selasa ketika kami mencetak enam gol. Kiper mereka adalah kiper yang luar biasa, Emiliano [Martinez] sangat bagus. Terkadang Anda memerlukan sedikit keberuntungan untuk mencetak gol,” imbuhnya.

Menurut Pochettino, dua bulan terakhir dalam kompetisi ini klubnya bermain dengan sangat baik. Dan ia percaya bahwa ini akan terus berkembang. Ia juga menyanjung tim muda mereka yang sudah bermain dengan bagus.

“Sekarang kami dalam hampir dua bulan berkompetisi dengan cara yang sangat baik. Itulah cara kami ingin bersaing dan terus berkembang dan saya pikir ini adalah kesempatan bagus untuk bermain melawan Aston Villa di Birmingham dalam pertandingan besar dan mencoba untuk bersaing,” ujarnya.

“Akan sangat bagus bagi tim muda ini untuk mendapat kesempatan bermain dan menunjukkan bahwa kami bisa bersaing bahkan melawan tim yang tampil sangat baik di Premier League dan berada di empat besar. Saya pikir ini penting untuk kepercayaan diri dan keyakinan kami terhadap cara kami bekerja,” lanjutnya.

Levi Colwill harus mundur dari starting XI setelah mengalami cedera saat pemanasan

Levi Colwill (depan) rayakan gol

Photo :
  • Twitter @ChelseaFC

Meskipun mengalami cedera, menurut pelatih 51 tahun itu, ini hanya masalah kecil saja dan bukan masalah yang besar baginya.

“Kami tidak percaya bahwa ini sangat buruk. Ini adalah masalah kecil yang mungkin dia merasa tidak nyaman. Kami sudah tahu sebelumnya mungkin kami tidak akan memainkannya sebagai starter, tapi dia sudah siap bermain dan kemudian dia merasakan sesuatu. Tapi itu bukan masalah besar dan saya berharap dia bisa berlatih besok,” pungkasnya.

Pengganti mudanya, Alfie Gilchrist, menunjukkan kinerja yang menjanjikan meski dalam waktu singkat. Mauricio Pochettino memuji pemain 20 tahun itu.

“Dia benar-benar bagus karena hal tersulitnya adalah mengelola stres, karena dia tahu dia tidak akan bermain, dan kemudian dia harus bermain. Kadang-kadang dengan pemain muda Anda memberikan 11 pemain awal dan mereka mengetahuinya satu hari sebelumnya, dengan terlalu banyak waktu dan mereka tidak bisa tidur atau stres dapat mempengaruhi mereka,” kata Pochettino.

“Karena 20 atau 30 menit sebelum pertandingan dimulai, tidak ada cukup waktu untuk berpikir terlalu banyak, cukup melakukan pemanasan dan bermain. Semua pemain muda membutuhkan waktu untuk tenang dan rileks serta tidak menghabiskan terlalu banyak energi untuk memikirkan permainan. Tetapi hari ini adalah pertandingan yang sangat bagus baginya, dia akan berkembang dan menjadi lebih dewasa di masa depan dengan kesempatan bermain seperti ini. Saya pikir ini penting untuk kariernya.ujarnya menambahkan,” ujarnya.

Pochettino mengungkapkan, bahwa dirinya akan memberikan kesempatan untuk membangun karier pemain Akademi. Untuk Alfie Gilchrist sendiri sudah mencapai level yang diharapkan.

“Setelah dia harus bersaing dengan pemain lain di posisinya, itu akan sulit baginya. Namun kami memberinya kesempatan untuk membangun kariernya dan penting bagi semua pemain Akademi untuk memiliki kesempatan bermain dan menunjukkan bahwa mereka mampu mengatasi tekanan bermain untuk Chelsea,” pungkasnya.

“Kemudian kita lihat apakah dia bisa mencapai level yang kami harapkan. Langkah pertama selalu sangat penting dan kami sangat senang dengan cara dia memproduksi dan melakukan langkah pertama,” imbuhnya.

Pochettino juga memuji kiper Djordje Petrovic, yang melakukan beberapa penyelamatan penting untuk menggagalkan Aston Villa.

“Dia melakukannya dengan luar biasa. Kami perlu memberinya pujian penuh karena dia tiba di Chelsea musim ini dari MLS. Dia masih sangat muda dan dia berkompetisi dengan sangat baik. Dan cara dia berperilaku saat mencetak gol, menurut saya itu menunjukkan kualitas dan karakternya yang luar biasa. Saya pikir dia melakukan pekerjaannya dengan luar biasa,” bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya