Owen: Jangan Lagi Salahkan De Gea

Kiper Manchester United, David de Gea
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVAbola - Dukungan moril untuk David de Gea terus mengalir. Pemain veteran Manchester United, Michael Owen coba menetralisir kritikan yang ditujukan kepada kiper asal Spanyol itu.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

De Gea kembali mendapat tudingan miring  sebagai penyebab kekalahan 2-1 yang dialami Manchester United saat bertandang ke Anfield untuk melakoni laga babak ke IV FA Cup. Sempat menyamakan kedudukan melalui gol Park Ji-Sung, MU akhirnya harus menyerahkan tiket babak V FA Cup kepada Liverpool.

Dalam pertandingan tersebut, mantan kiper Atletico Madrid itu harus memungut bola dari gawangnya sebanyak dua kali lewat gol Daniel Agger dan Dirk Kuyt di penghujung pertandingan. Namun Owen menilai, dua gol yang bersarang di jala MU,  bukan sepenuhnya kesalahan De Gea. Kiper manapun, menurutnya, bisa melakukan kesalahan sama seperti yang De Gea lakukan.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

"Memang, ia telah membuat beberapa kesalahan musim ini. Tetapi bila mendengarkan beberapa orang, Anda akan berpikir ia mengalami mimpi buruk kemarin," kata Owen dikutip Skysport, Minggu, 29 Januari 2012.

Owen pun memegang teguh keyakinan, sepasang gol Liverpool tersebut murni bukan kelalaian De Gea semata. Namun, stigma negatif yang telah melekat pada diri kiper belia tersebut membuatnya kian tersudutkan saat MU menelan kekalahan.

Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?

"Saya tidak berpikir, setiap gol merupakan kesalahannya. Masalahnya sekarang, setiap kesalahan kecil diperbesar. Kiper lain juga bisa membuat kesalahan yang sama dan tidak ada yang bisa berkata," ujarnya.

Ia pun mencontohkan, bahwa De Gea tidak bisa disalahkan atas gol pertama Liverpool yang dicetak Agger melalui tandukannya memanfaatkan sepak pojok. "Bola berjarak 6 yard pada gol pertama. Ia harus mengantisipasi itu. Ia juga harus melihat bola di udara," katanya.

"Kemudian, ada 6 pemain di depannya. Tidak ada yang bisa dia lakukan. Kemudahan melakukan sundulan menjadi masalahnya, bukan terletak pada kiper," sambung mantan ikon Liverpool tersebut.

Sama persis dengan gol kedua, di mana De Gea tidak mampu menghentikan laju bola hasil sepakan keras Dirk Kuyt. "Ia tidak bisa berbuat banyak dengan gol kedua. Apakah masalah ini bukan hanya perkara, kami tidak memenangkan bola dan tidak mampu menjaga pemain yang berlari (Kuyt)?,"tanya Owen.

Karenanya, Owen pun meminta agar semua pihak berhenti melancarkan tudingan miring kepada De Gea. "Menyalahkan segala sesuatunya kepada kiper sebuah kesalahan. Ia akan menjadi kiper utama. Ia hanya masih muda. Sangat kasar untuk menimpakan kesalahan kepadanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya