Newcastle Pertahankan Gaji Benitez Walau Terdegradasi

Manajer Newcastle United, Rafael Benitez.
Sumber :
  • Reuters / Lee Smith

VIVA.co.id – Newcastle berusaha keras mempertahankan Rafael Benitez sebagai manajer. Mereka akan tetap membayar gajinya £5 juta, walau harus bermain di Championship musim depan. The Toon bakal terdegradasi kedua kalinya dalam tujuh tahun, jika Sunderland bisa mengalahkan Everton, dini hari nanti.

Jelang Man City Jamu Arsenal, Guardiola Malah Puji Emery

Dilansir dari Sunsports, Rabu 11 Mei 2016, jika Newcastle turun dari Premier League bakal mengaktifkan klausul pelepasan dalam kontrak Benitez yang berdurasi tiga tahun. Mantan pelatih Real Madrid itu pun bebas untuk pergi. Mempertahankan Benitez jadi prioritas The Toon dan besaran gaji tidak menjadi masalah.

Tidak berlaga di Premier League, bakal membuat Newcastle kehilangan pemasukan sebesar hampir £100 juta. Namun, pemilik klub bersedia untuk menguras kocek pribadinya. Mereka bakal berusaha untuk membujuknya bertahan, dan membangun kembali klub dari liga kasta kedua Inggris.

Maurizio Sarri Bandingkan Tekanan di Napoli dan di Chelsea

Benitez dianggap telah melakukan kerja di balik layar yang bagus. Dia juga memperoleh respek dari pemain dan suporter. Kekhawatiran terbesar Newcastle adalah Everton, yang diklaim sedang mencari manajer baru, untuk menggantikan Roberto Martinez di akhir musim ini.

Pernah menangani Liverpool, disebut tidak menjadi masalah bagi Benitez. Dia diklaim tertarik pada posisi di Goodison Park, walau pernah menyebut Everton sebagai klub kecil. Newcastle berharap The Toffees bakal mencari manajer di tempat lain, agar bisa mempertahankan Benitez.

Liverpool Hanya Butuh Satu Hal Lagi untuk Sukses

Benitez dipastikan ingin bertahan di Inggris, karena ingin tetap dekat dengan keluarganya. Dia tahu tidak banyak klub potensial lain seperti Newcastle, walau mereka harus bermain di Championship musim depan.

Sumber yang dekat dengan Benitez, mengatakan dia tidak keberatan menghabiskan satu musim di kasta kedua. Tapi, Rafa menginginkan adanya kebebasan untuk menangani klub, sesuai dengan apa yang diinginkannya. Permintaan tersebut dipastikan bakal dikabulkan oleh Newcastle.

Jika gagal mempertahankan Benitez, Newcastle belum memiliki pengganti. Legenda The Toon, Alan Shearer, dalam kolomnya di Sunsports, mengatakan bakal terkejut jika Benitez mau bertahan bersama Newcastle di Championship.

Mantan pemain Liverpool, Dietmar Hamann, justru menyatakan sebaliknya. Gelandang asal Jerman yang pernah bermain untuk Liverpool dan Newcastle itu mengatakan Benitez memang harus mempertimbangkan beberapa opsi.

"Saya pikir Newcastle bakap mempertahankannya. Jika ada satu klub yang dia mau ikuti ke Championship, itu adalah Newcastle," kata Hamann.

"Dia telah melihat dalam beberapa pekan keberadaannya di sana. Ada banyak potensi di utara dan Newcastle adalah klub yang fantastis," ujarnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya