Aksi Sulap Maurizio Sarri Bikin Juventus Tetap Sangar

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri
Sumber :
  • The National

VIVA – Meski tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo dan beberapa pemain andalan yang absen akibat cedera, Juventus tetap tampil impresif dan mampu meraih kemenangan. Armada I Bianconeri sukses merebut poin penuh saat berhadapan dengan Brescia.

Pakai Sepatu Lari Buat Olahraga di Gym, Hati-hati Bisa Bikin Cedera Ini

Melawat ke Stadio Mario Rigamonti, markas Brescia, dalam laga pekan kelima Serie A 2019/2020, pasukan Maurizio Sarri memetik kemenangan tipis 2-1, Rabu 25 September 2019 dini hari WIB. Sempat tertinggal lewat gol cepat Alfredo Donnarumma saat laga baru berjalan empat menit, Juventus mampu mengklaim kemenangan pasca gol bunuh diri Jhon Chanchellor menit 40, dan sumbangan Miralem Pjanic menit 63.

Dalam laga ini, Sarri memilih tak membawa Ronaldo dalam skuatnya. Megabintang berpaspor Portugal ini diistirahatkan Sarri, lantaran hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa eks penyerang Real Madrid mengalami kelelahan otot aduktor. 

Mantan Kiper Arsenal Kritik Saka yang Sering Akting Kesakitan

Tak cuma itu, Juventus juga harus menerima kehilangan bek anyar, Danilo. Mantan bek Manchester City ini menderita cedera dan harus ditarik ke luar lapangan saat baru bermain 19 menit. Posisi Danilo kemudian digantikan oleh winger Kolombia, Juan Guillermo Cuadrado.

Tanpa Ronaldo, Sarri coba menerapkan strategi lain bagi timnya. Eks manajer Chelsea ini menjadikan Aaron Ramsey sebagai penyerang lubang (trequartista), dan menjadikan Paulo Dybala menjadi juru gedor utama di sisi Gonzalo Higuain. Sarri yang biasanya menggunakan formasi 4-3-3, mengubahnya menjadi 4-3-1-2 dalam laga ini. Hasilnya, Juventus masih tetap dominan dan pada akhirnya mampu meraih kemenangan.

Bintang Bayern Munich Ngamuk Usai Disingkirkan Real Madrid, Bongkar Aib Ronaldo

"Kami mengalami kemajuan dalam banyak hal dalam operan, dan memiliki kendali lebih banyak dalam pertandingan. Tetapi, kami perlu meningkatkan pertahanan kami," ujar Sarri dikutip Football Italia.

"Saya melihat beberapa langkah maju dalam cara kami membuat peluang. Karena pada dasarnya, ada tiga jarak ruang garis gawang. Dan, itu tidak mudah setelah kami tertinggal dalam waktu empat menit, dalam suasana (pertandingan) yang sangat bergairah," katanya.

Sarri tahu musim masih sangat panjang, dan beberapa pemainnya saat ini mengalami cedera. Terutama di sektor full-back dan gelandang serang, Juventus banyak kehilangan pemain. Jadi menurut Sarri, ia harus bisa memaksimalkan pemain yang tersedia saat ini. 

Dalam laga ini juga, Sarri sebenarnya berniat untuk mengganti Danilo dengan Cuadrado pada babak kedua. Sayangnya, Cuadrado lebih dini dimasukkan lantaran Danilo sudah mengalami cedera pada babak pertama.

"Saya pikir kami harus siap untuk kedua taktik itu saat ini. Kami punya beberapa masalah dengan bek sayap dan banyak gelandang serang. Jadi sepertinya, sebuah keputusan bijaksana untuk memanfaatkan sumber daya (pemain yang ada) sebaik mungkin," ucap Sarri.

"Jika (pertengahan) musim full-back kami dalam kondisi yang baik, maka kami akan bisa mempertimbangkan kembali pendekatan ini. Tetapi, penting untuk mempersiapkan semua skenario. Saya berpikir untuk menggunakan Juan Cuadrado sebagai bek kanan di babak kedua. Tapi, itu berubah setelah Danilo cedera," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya