Luar Biasa, Orang Indonesia Jadi Pemilik Klub Terkaya di Liga Italia, Juventus Kalah 8 Kali Lipat

Pemain Como rayakan gol
Sumber :
  • Instagram @comofootball

VIVA – Pengusaha asal Indonesia, Hartono Bersaudara, merupakan pemilik klub kasta kedua Serie B Italia, Como. Mereka diakui sebagai pemilik klub terkaya di Italia versi media Italia, Calcio e Finanza. 

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

Michael Hartono dan Robert Budi Hartono melalui Djarum Group telah menjadi pemilik Como sejak tahun 2019 silam. Sejak saat tu, Como perlahan membaik dan kini berpeluang promosi ke Serie A.

Dua pesepak bola legendaris, Thierry Henry dan Cesc Fabregas, juga berbagi saham dengan Hartono Bersaudara di Como. Fabregas bahkan sempat melatih untuk waktu yang singkat pada musim ini.

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Como kini bersaing di peringkat ketiga klasemen sementara Serie B, memperebutkan tiket promosi ke Serie A bersama Parma, Cremonese, dan Venezia yang diperkuat pemain timnas Indonesia, Jay Idzes. 

Kesuksesan Como tak jauh-jauh dari andil Hartono Bersaudara. Menurut klaim terkini dari media bisnis Italia, Calcio e Finanza, kekayaan Hartono Bersaudara menyentuh 47,3 miliar euro atau setara 815 triliun rupiah.

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Hartono Bersaudara pun dinobatkan sebagai pemilik klub terkaya di Italia pada saat ini. Bahkan, kekayaan Hartono Bersaudara jauh melampaui kekayaan John Elkann, yang merupakan pemilik Juventus. 

Elkann punya kekayaan 2,6 miliar euro atau setara dengan 44,8 triliun rupiah.  Dengan demikian, Hartono Bersaudara punya kekayaan 18 kali lipat dibandingkan Elkann. Yang berada di peringkat kedua adalah Rocco Commisso, pengusaha asal Amerika Serikat yang merupakan pemilik Fiorentina.

Kekayaan Commiso tercatat senilai 8 miliar euro atau setara dengan 137,89 triliun rupiah. Sedangkan yang ketiga adalah pemilik AS Roma, Dan Friedkin, yang punya kekayaan 6,4 miliar euro atau setara dengan  110 triliun rupiah.

Hartono Bersaudara (Como) – 47,3 miliar euro (Rp815 triliun) 
Rocco Commisso (Fiorentina) – 8 miliar euro (Rp137,89 triliun) 
Dan Friedkin (AS Roma) – 6,4 miliar euro (Rp110 triliun) 
Keluarga Saputo (Bologna) – 4,3 miliar euro (Rp74,1 triliun) 
Keluarga Berlusconi (Monza) – 4,2 miliar euro (Rp72,39 triliun) 
Renzo Rosso (Vicenza) – 3,7 miliar euro (Rp63,78 triliun) 
Squinzi/Giorgetta (Sassuolo) – 3,3 miliar euro (Rp56,8 triliun) 
John Elkann (Juventus) – 2,6 miliar euro (Rp44,82 triliun) 
Giovanni Arvedi (Cremonese) – 1,8 miliar euro (Rp31 triliun) 
Antonio Percassi (Atalanta) – 1,6 miliar euro (Rp25,56 triliun)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya