Rekor, Ini Dia Satu-satunya Kiper yang Bikin Gol di LaLiga

Daniel Aranzubia saat membela Deportivo La Coruna
Sumber :
  • Deportivolacoruna.com

VIVA – Meski punya tugas inti menjaga gawang dari kebobolan, kiper bukan tak mungkin untuk mencetak gol. Sederet nama semisal Peter Schmeichel, Hans-Jorg Butt, atau Jose Luis Chilavert, pernah dan bahkan punya naluri mencetak gol. Namun, siapa yang kenal dengan Daniel Aranzubia?

Ten Hag Mulai Tak Percaya Diri, Apa Kurangnya Manchester United?

Meski sudah pensiun akhir musim 2013/2014 silam, nama Aranzubia tercatat dalam buku rekor LaLiga. Menurut data Opta, mantan kiper Athletic Bilbao, Deportivo La Coruna, dan Atletico Madrid, jadi satu-satunya penjaga gawang yang mampu mencetak gol lewat open play, sepanjang sejarah LaLiga.

Tak cuma itu, Aranzubia juga jadi satu-satunya penjaga gawang yang mampu mencetak gol dalam 10 tahun terakhir. Pria yang saat ini berusia 40 tahun sukses membobol gawang Almeria, saat masih membela Deportivo pada 20 Februari 2011. 

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Daniel Aranzubia saat membela Deportivo La Coruna

Dalam laga itu, Deportivo sudah tertinggal 0-1 dari Almeria hingga selama lebih dari 90 menit. Akhirnya, Deportivo terhindar dari kekalahan dan memaksa hasil imbang 1-1 setelah Aranzubia mencetak gol. Gol ke gawang Almeria itu adalah satu-satunya yang dibuat Aranzubia selama 18 tahun kariernya di sepakbola profesional.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United

Sayang, Aranzubia gagal menyelamatkan Deportivo dari jurang degradasi. Sebab, Super Depor pada akhirnya harus turun kasta ke Segunda Division setealah finis di posisi 18 pada akhir musim.

Jika dibandingkan dengan Schmeichel, Butt, atau Chilavert, Aranzubia jelas kalah jauh. Sebab, ketiga nama kiper legendaris tersebut punya naluri mencetak gol lebih baik daripada Aranzubia.

Daniel Aranzubia saat masih membela Deportivo La Coruna

Schmeichel pernah besar di era 90an. Penjaga gawang berpaspor Denmark yang pernah membela Hvidovre, Brondby, Manchester United, Sporting Lisbon, Aston Villa, dan Manchester City, mampy mencetak 10 gol dalam 748 penampilan.

Sementara itu, Butt mampu mencetak 29 gol dalam 496 penampilan selama kariernya. Memulai karier sejak 1997 hingga 2012, tercatat Butt pernah membela Hamburg, Bayer Leverkusen, Benfica, dan Bayern Munich.

Sementara Chilavert, siapa yang tak kenal dengan penjaga gawang legendaris Paraguay ini mampu mencetak 59 gol dalam 728 penampilannya. Memulai karier pada 1982, Chilavert pernah merumput bersama Sportivo Luqueno, Guarani, San Lorenzo, Real Zaragoza, Velez Sarsfield, Stasbourg, dan Penarol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya