Real Madrid Vs Barcelona, Ini 8 Faktor Penentu di El Clasico

Duel Barcelona vs Real Madrid.
Sumber :
  • twitter.com/FCBarcelona

VIVA – Laga panas akan tersaji akhir pekan ini. Real Madrid akan menjamu Barcelona di Stadio Alfredo Di Stefano dalam laga bertajuk El Clasico, Sabtu 10 April 2021. Laga ini pun diprediksi bisa mengubah arah perburuan gelar juara LaLiga.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Real Madrid menuju El Clasico usai tampil dominan melawan Liverpool di Liga Champions. Di sisi lain, Barcelona juga sedang dalam tren positif. Meski demikian, ada sejumlah faktor yang menjadi penentu di El Clasico nanti.

Seperti dilansir Marca, Jumat 9 April 2021, berikut ini delapan faktor yang menjadi penentu pemenang di El Clasico akhir pekan ini:

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Hasil Positif

Photo :
  • twitter.com/realmadriden
Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Kedua tim memiliki rangkaian hasil yang luar biasa. Real Madrid terakhir kali kalah pada 30 Januari melawan Levante. Sejak saat itu, mereka telah meraih 11 kemenangan dan dua hasil imbang.

Di sisi lain, Barcelona juga sedang dalam tren positif. Pasalnya, Lionel Messi dan kawan-kawan terakhir kali merasakan kekalahan pada 16 Februari 2021 silam saat mereka dikalahkan PSG di Liga Champions.

Suasana Tim

Photo :
  • twitter.com/LaLigaEN

Kedua tim memiliki semangat yang bagus menjelang El Clasico. meskipun kemenangan 3-1 atas Liverpool membuat Real Madrid dalam suasana lebih baik. Beberapa pemain mereka kembali menemukan kepercayaan diri tinggi.

Di sisi lain, Barcelona yang sempat disulitkan saat melawan Real Valladolid juga menambah kepercayaan diri skuad besutan Ronald Koeman.

Kondisi Fisik

Photo :
  • Twitter: UEFA Champions League

Pemulihan fisik para pemain Real Madrid usai bertarung di Liga Champions akan sangat menentukan. Barcelona yang memiliki masa istirahat yang lebih banyak memiliki keuntungan tersendiri dibanding sang lawan.

Pertahanan

Photo :
  • UEFA

Kedua tim mengalami badai cedera di lini belakang. Madrid tidak dapat mengandalkan Dani Carvajal, Sergio Ramos atau Raphael Varane. Meski begitu, sejumlah pemain pengganti bermain bagus saat menghadapi Liverpool.

Di sisi lain, pasukan Ronald Koeman akan mengandalkan kehadiran Gerard Pique untuk bisa memberikan kepemimpinan di lini pertahanan. Namun ia selama ini tidak konsisten dalam hal kebugaran.

Tengah

Photo :
  • Twitter/@realmadrid

Ini adalah area di mana pertandingan akan ditentukan. Kedua tim memiliki pemain internasional top. Siapapun yang mampu memaksakan ritme mereka, akan mendapat keuntungan yang signifikan.

Trisula yang dibentuk oleh Casemiro, Kroos dan Modric adalah jantung dari Real Madrid dan sepertinya tidak ada duanya saat ini. Namun, Barcelona bersama Busquets, De Jong dan Pedri bisa menjadi rival yang tangguh.

Depan

Photo :
  • twitter.com/FCBarcelona

Trio Barcelona: Dembele, Messi, dan Griezmann lebih andal dalam hal mencetak gol daripada trio Real Madrid: Vinicius Jr, Benzema dan Asensio. Namun trio Los Merengues sedang berkembang saat ini.

Semuanya tampaknya akan tergantung pada apakah Messi memiliki momentum di laga nanti. Jika dia bisa melakukannya maka Barcelona sudah setengah jalan menuju kemenangan. Jika tidak, maka Real Madrid akan menjadi favorit.

Individu

Photo :
  • Marca

Barcelona memiliki pemain yang mampu menyeimbangkan pertahanan melalui aksi individu. Messi menonjol dalam hal ini di atas siapa pun, sementara Ousmane Dembele adalah salah satu spesialis hebat dalam menciptakan peluang.

Barcelona sangat bergantung pada keajaiban kedua pemain tersebut.

Kolektifitas tim

Photo :
  • Twitter/@ChampionsLeague

Real Madrid bekerja lebih baik sebagai satu kesatuan dalam konsep permainan yang berbeda. Mereka mundur dalam pertahanan dan tiba dengan lebih banyak organisasi dalam penyerangan.

Mereka adalah tim yang secara umum lebih suportif satu sama lain, meski Barcelona harus sedikit meningkat dalam hal ini. Hasil hari Sabtu mungkin menunjukkan perbedaan, tetapi Barcelona masih tertinggal dari rival mereka terkait hal ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya