Calon Suksesor Kasih Kode, Barcelona Segera Depak Koeman?

Ronald Koeman
Sumber :
  • PABLO GARICA/RFEF

VIVA – Barcelona tengah dihadapkan pada situasi sulit soal pelatih. Posisi Ronald Koeman sebagai juru taktik semakin di ujung tanduk setelah rangkaian hasil buruk dalam beberapa laga terakhir.

Bruno Fernandes ke Barcelona, De Jong ke Manchester United

Pelatih asal Belanda itu kencang dikabarkan bakal segera kehilangan pekerjaannya sebagai juru racik Barcelona. Posisinya semakin tak aman lantaran ruang ganti El Barca sudah mulai terpecah, sebagian mendukung dan ada yang ingin dia hengkang.

Situasi ini tak lepas dari sederet hasil buruk dalam lima partai terakhirnya. Dimulai dari kekalahan 0-3 yang dirasakan saat bersua Bayern Munich, kemudian imbang beruntung ketika menghadapi Granada dan Cadiz, terakhir dibantai Benfica 0-3 di Liga Champions.

Daftar Juara di 4 Liga Top Eropa Musim Ini, Tinggal Tunggu Premier League

Sebagai klub besar, tentu hasil tersebut sangatlah memalukan. Terlebih, mereka juga kesulitan bersaing di papan atas LaLiga dan hanya menempati peringkat keenam.

Sejumlah nama pengganti pun muncul, mulai dari Antonio Conte, Andrea Pirlo, hingga Roberto Martinez. Dari ketiganya, hanya Martinez yang masih memiliki pekerjaan sebagai pelatih Timnas Belgia.

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Kendati demikian, mantan bos Everton ini sedikit memberikan kode pada Barcelona. Meski kontraknya baru habis pada Juni 2022 mendatang, tapi dia berani menyebut tak ada yang bisa menerka apa yang terjadi dalam sepakbola.

Pria asal Spanyol itu mengibaratkan saat ini dia memang menangani Belgia. Namun, Martinez bisa saja tiba-tiba mengambil tanggung jawab lain dalam waktu dekat.

"Saya sangat senang (melihat Belgia) jadi tim Eropa pertama yang lolos ke Piala Dunia di Qatar. Itu adalah tantangan usai final Nation League," ujar Martinez dikutip Marca.

"Tapi, dalam sepakbola Anda tak tahu apa yang akan esok hari bawa pada Anda. Saya bangun setiap pagi sebagai pelatih Belgia sampai hari terakhir kontrak saya, tetapi saya menyadari dalam perjalanannya banyak yang bisa terjadi," tutur dia.

Kendati demikian, Martinez dengan lantang menegaskan jika sampai saat ini tak ada komunikasi apa pun dengan Barcelona.

"Tak ada kontak apa pun dengan Barcelona. Persahabatan antara saya dengan Jordi Cruyff selalu kami pisahkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan secara profesional," jelas Martinez.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya