Lamine Yamal, Bintang Muda Barcelona yang Pecahkan Rekor di Usia 16 Tahun

Lamine Yamal saat Barcelona melawan Granada
Sumber :
  • AP Photo/Fermin Rodriguez

Spanyol – Lamine Yamal tak berhenti memukau pecinta sepakbola dunia. Di usia 16 tahun, dia berhasil mencatatkan diri sebagai pencetak gol termuda di LaLiga. Gol dia cetak saat pertandingan Granda vs Barcelona.

Catatan Pertandingan Irak U-23 Sepanjang 2024, Alami 5 Kekalahan

Barcelona ketinggalan lebih dulu dalam pertandingan melawan Granada di Los Carmenes, Senin dini hari WIB 9 Oktober 2023. Tuan rumah mencetak gol pada menit pertama dan 29 lewat Bryan Zaragoza Martinez.

Di pengujung babak pertama, Lamine Yamal membuat Barcelona memangkas ketertinggalan. Pada menit 85, kemenangan di depan mata Granada buyar karena tim tamu mencetak gol lewat Sergi Roberto.

Ungkapan Kecewa Muhammad Ferarri Golnya Dianulir Wasit

Lamine Yamal saat Barcelona melawan Granada

Photo :
  • AP Photo/Fermin Rodriguez

Mengutip Squawka, Lamine Yamal mencetak gol pertamanya di LaLiga pada pertandingan ini. Dia tercatat sebagai pencetak gol termuda di usia 16 tahun 87 hari.

Xavi Hernandez Beber Alasan Bertahan di Barcelona

Ini adalah gebrakan kedua Lamine Yamal. Karena 30 hari sebelumnya, dia mengukir rekor sebagai pencetak gol termuda di Timnas Spanyol.

Lamine Yamal mencetak gol untuk Timnas Spanyol saat menjalani Kualifikasi EURO 2024. Ketika itu Tim Matador menang dengan skor telak 7-1 di menghadapi Timnas Georgia.

Lamine Yamal debut bersama Timnas Spanyol

Photo :
  • AP Photo/Zurab Tsertsvadze

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez turut berbahagia dengan ukiran rekor dari Yamal. Menurut dia, ini tak lepas juga dari dukungan rekan setim yang membuat sang junior percaya diri.

Bukan cuma itu saja, gol yang disumbangkan Yamal membantu Barcelona untuk bangkit. Mereka ketinggalan dua gol, tapi kemudian membawa pulang satu poin dari markas Granada.

"Saya selalu mengatakan hal yang sama; mereka memberi saya kepercayaan diri ketika masih berusia 17 tahun. Saya senang dengan gol yang dia cetak. Itu penting dan membuat perbedaan," kata Xavi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya