Ritual Kocak Pemain Jepang Jelang Pertandingan

Bek tengah Urawa Red Diamonds, Tomoaki Makino
Sumber :
  • Instagram/@makino.5_official

VIVA – Sebelum pertandingan dimulai, setiap pesepakbola pastinya melakukan ritual yang lazim. Mulai dari berdoa hingga mencabut rumput lapangan, sering dilakukan oleh para pemain sepakbola.

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Namun, ada sebuah ritual tak lazim yang dilakukan salah satu pemain asal Jepang, Tomoaki Makino. Bek tengah yang memperkuat Urawa Red Diamonds itu kerap tertangkap kamera sedang melakukan ritual kocak sebelum pertandingan dimulai.

Pemain berusia 32 tahun itu mengaku ritualnya tersebut memang sering dilakukan ketika pertandingan akan dimulai. Ia menjelaskan alasannya bahwa ritual itu sebagai tindakan untuk mengangkat mentalnya sebelum bermain.

Timnas Indonesia U-23 Tantang Jepang atau Korsel di Perempat Final? Bakal Terjawab Malam Ini

Dalam gerakan ritualnya, Makino melakukannya dengan cara menepuk dada sembari komat-kamit mengatakan sesuatu hal. Makanya, Makino menjadi pemain yang paling diperhatikan sebelum laga.

"Saya melakukan ritual ini sebelum pertandingan sebagai tindakan mengangkat mental pribadi. Saya mengatakan pada diri sendiri akan menang dan saya lebih baik daripada lawan mana pun. Jadi, semacam motivasi diri," kata Makino seperti dikutip laman resmi AFC.

Kebelet Pipis, Kiper Ini Kencing di Atas Lapangan

Ia pun mengklaim bahwa ritualnya tersebut seperti Tarian Haka yang kerap dilakukan oleh Timnas rugby Selandia Baru. Hal itu diakuinya sangat bermanfaat untuk menempatkan kepercayaan dirinya dalam laga yang akan dijalaninya.

"Itu mirip dengan Tari Haka dari tim rugby Selandia Baru. Jadi, itu adalah rutinitas saya sebelum pertandingan untuk mendapatkan diri saya di pertandingan," ujarnya. (one)

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya