Apa Arti Bendera Pemicu Kerusuhan Laga Serbia Vs Albania?

Pemain Serbia, Stefan Mitrovic, saat menarik turun bendera Albania
Sumber :
  • REUTERS/Marko Djurica

VIVAbola - Unsur politis sangat tercium pada laga kualifikasi Euro 2016 antara Serbia kontra Albania hari Rabu, 14 Oktober 2014, kemarin. Apa penyebab awal keributan masal di Stadion Partizana?

Laga terpaksa dihentikan wasit empat menit jelang babak pertama usai, setelah suporter Serbia mulai bisa masuk ke lapangan dan menyerang pemain Albania. Tim tamu pun terpaksa dilarikan ke ruang ganti lalu langsung pulang kembali ke negara mereka.

Jadi sebenarnya apa yang membuat kerusuhan itu bisa pecah? Sebenarnya, antara Serbia dan Albania memang sudah memiliki tensi politik yang tinggi. Kedua negara kerap bergesekan sejak era Ottoman, perang Balkan, perang dunia, perang Yugoslavia, sampai saat ini.

Namun, percikan tersebut semakin besar ketika sebuah bendera melayang di atas lapangan menggunakan sebuah drone (helikopter kecil). Bendera yang diterbangkan pun bukan bendera biasa.

Bendera tersebut bergambarkan bagian negara Albania dengan lambang elang berkepala dua, yang merupakan simbol di bendera negara mereka.

Wonderkid Serbia Sambut Baik Ketertarikan Inter Milan



Setelah itu ada kata "Autochthonous", yang berarti asli, menyangkut upaya Serbia mengontrol Kosovo meski bukan orang etnis Albania, yang kebanyakan tinggal di Kosovo. Kemerdekaan Kosovo juga membuat tensi kedua negara tetangga ini semakin panas.

Selain itu ada gambar Ismail Qemal di sebelah kiri, yang merupakan pendiri gerakan nasionalis Albaia dan menjadi kepala negara pertama dalam Albania era modern.

Sedangkan gambar pria yang di sebelah kanan adalah Isa Boletini. Seorang figur nasionalis yang bertarung untuk pemberontak Albania di Kosovo pada 1910 lalu melawan Serbia di perang dunia pertama.

Saat sedang melayang di atas lapangan, bendera tersebut berusaha diturunkan oleh Stefan Mitrovic. Pemain Albania langsung bereaksi dan berusaha mengamankan bendera tersebut. Namun, suporter tuan rumah sudah tersulut.



Beberapa orang masuk ke lapangan dan terlibat keributan dengan pemain Albania. Berbagai benda dilemparkan ke dalam lapangan memaksa tim tamu berhamburan menuju lorong. Suporter Serbia makin beringas, beruntung Branislav Ivanovic dan Aleksandar Kolarov berusaha menenangkan fans mereka.

"Pemain Serbia ingin mengamankan kami dari fans yang masuk lapangan. Branislav Ivanovic khususnya, berusaha menenangkan suasana," ujar pemain Albania, Sokol Cikalleshi, pada Daily Mail.

"Bahkan sebelum pertandingan, walaupun situasi sudah panas, dia mendatangkan saya dan mengatakan 'Hey, ini hanya sebuah pertandingan sepakbola'. Tapi, Mitrovic mengejutkan kami saat mengambil bendera tersebut," tambahnya.

Sampai saat ini, masih belum jelas. UEFA belum memutuskan hasil pertandingan tersebut, serta sanksi apa yang dijatuhkan terkait insiden di pertandingan resmi kelas Eropa tersebut.

Gagal Gaet Pirlo, Inter Milan Bidik Bintang Muda Serbia
Steven Seagal

Serbia Minta Bantuan Steven Seagal

Aktor film laga itu diminta latih bela diri Aikido.

img_title
VIVA.co.id
3 Desember 2015