APJII: RPM Jastel Tidak Ada Tekanan

Ilustrasi menara telekomunikasi.
Sumber :
  • www.pixabay.com/blickpixel

VIVA – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII menyatakan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki sikap longgar, terbuka dan tidak melakukan paksaan kepada pihak terkait dengan Rancangan Peraturan Menteri tentang Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi atau RPM Jastel.

Smartfren Home RE11 Rp500 Ribu, Bisa Nyambung ke Puluhan Perangkat

Ketua Umum APJII Jamalul Izza mengatakan bahwa APJII menjadi salah satu dari banyak saksi yang melihat bagaimana RPM Jastel dirumuskan. Ia mencontohkan ketika perumusan Kominfo meminta masukan APJII mengenai pasal demi pasal yang disederhanakan.  

Apabila APJII anggap tidak mungkin diterapkan, pemerintah pun mengikuti. "Kemarin itu kita ajukan keberatan dengan pasal 13 ayat 3 dan pasal 31 ayat 3. Sudah dihapus ketika kita ajukan keberatan," kata Jamal, di Hotel Lemo, Serpong, Tangerang, Banten, Rabu 10 Januari 2018.

Pembayaran Tepat Waktu Bagian dari Membangun Komunikasi yang Baik

Begitu juga dengan pelaku jasa telekomunikasi. Menurut Jamal, Kominfo tidak memaksakan namun lebih kepada menanyakan kepada jasa telekomunikasi mengenai aturan yang dirancang. "Dengan RPM ini industri TIK makin lancar. Kalau kita lihat teman-teman Kominfo itu lebih fleksibel," tuturnya.

Jamal menambahkan penyederhanaan lisensi bagi pemain jasa telekomunikasi akan dituangkan dalam revisi Keputusan Menkominfo Nomor 21 Tahun 2001 tentang Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi itu tinggal diajukan ke Kemenkopolhukam. 

Peresmian BTS 4G dan Satria-1 Mendapat Apresiasi

Kominfo menilai penyederhanaan lisensi bagi diklaim sebagai upaya menyesuaikan aturan dengan perubahan dan dinamika di industri telekomunikasi.

Rancangan Peraturan Menteri ini pun sangat progresif karena akan menyederhanakan 16 Permen menjadi satu, yakni RPM terkait Jasa Telekomunikasi. Selain itu juga menyederhanakan 12 jenis izin menjadi hanya satu izin.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif Angga.

APJII: Indonesia Bukan Hanya Pasar untuk Starlink

APJII dan Starlink secara resmi mengumumkan kerja sama 'saling menguntungkan layaknya simbiosis mutualisme' untuk meningkatkan akses internet di seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024